Sukses


Dobel Job Hamka Hamzah di RANS Nusantara FC: Demi Angkat Prestasi, Sang Manajer Tim Siap Merumput Lagi Menghadapi Persik

Bola.com, Kediri - Hamka Hamzah punya peran unik di RANS Nusantara FC di BRI Liga 1 2023/2024. Selain menjabat sebagai manajer tim, sosok asal Makassar ini juga masih terdaftar sebagai pemain aktif.

Di Liga Eropa pelatih disebut juga manajer. Sehingga sebuah kewajaran, jika seorang pelatih merangkap menjadi pemain. Hal ini pernah dilakukan Gianluca Vialli di klub Chelsea pada Premier League Inggris.

Namun dobel job yang dilakukan Hamka Hamzah sangat langka di sepakbola Indonesia. Gegara prestasi The Phoenix, julukan RANS Nusantara FC, sedang terpuruk, bek tengah senior ini terpanggil untuk turun lapangan lagi.

"Soal Hamka Hamzah, dia masih tercatat sebagai pemain aktif di RANS. Selain jadi pemain, dia dobel job menjadi manajer tim. Bagi kami itu hal positif, karena passion Hamka di sepak bola sangat kental," kata Francis Wawengkang, pelatih karetaker RANS Nusantara FC.

 

2 dari 4 halaman

Sudah Bersiap

Mantan bek Timnas Indonesia itu tampak ikut official training bersama pemain RANS jelang duel kontra Persik pada pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/2024 yang digelar di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Jumat (8/3/2024).

"Karena statusnya sebagai pemain, Hamka juga ikut latihan. Ini bagus untuk menjaga kebugarannya dan bisa memotivasi pemain lainnya. Apalagi sekarang kondisi tim yang sedang tidak bagus," ujar Francis Wawengkang.

Jika Francis Wawengkang menurunkan Hamka Hamzah melawan Persik, maka ini akan membangkitkan memori indah baginya. Karena dia pernah membela Macan Putih pada 2003-2005 dan musim 2008/2009. Saat ini Hamka Hamzah telah berusia 40 tahun.

"Apakah Hamka main pada pertandingan melawan Persik, saya akan lihat kondisinya. Karena fisiknya masih butuh peningkatan untuk tampil di sebuah pertandingan yang sangat ketat," tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

Tantangan Kedua Tim

Episode buruk sedang dialami Persik dan RANS Nusantara FC yang akan bentrokan pada pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Jumat (8/3/2024).

Persik yang sedang kampanye menembus posisi empat besar mulai tercecer dari persaingan. Sementara tim tamu lebih parah lagi. Posisi The Phoenix, julukan RANS Nusantara FC, pelan-pelan terus melorot hingga mendekati zona degradasi.

Tak pelak lagi, situasi saat ini membuat psikis pemain kedua kubu sedang goyah. Secara tim, Persik dan RANS, memiliki kualitas setara. Dengan kekuatan seperti ini, maka siapa yang punya mental kuat bakal bisa memenangkan pertandingan.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer