Sukses


PSSI Ungkap Alasan Shin Tae-yong Panggil Haye, Oratmangoen, dan Tjoe-A-On ke Timnas Indonesia meski Belum Menjadi WNI

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil tiga pemain yang belum menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F.

Ketiganya adalah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On. Shin Tae-yong mempersiapkan ketiganya buat Timnas Indonesia yang akan melawan Timnas Vietnam pada akhir bulan ini.

Naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On diperkirakan akan tuntas pada 12 Maret 2024. Ketiganya dijadwalkan bakal menjalani pengambilan sumpah sebagai WNI.

Namun, PSSI masih harus berkejaran dengan waktu dengan memproses perpindahan federasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) di FIFA.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tetap Didaftarkan

Peralihan kewarganegaraan ketiganya harus sudah selesai sebelum Timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam leg pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024.

Lima hari berselang, tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal bertandang untuk menantang Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, dalam pertemuan kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Yang jelas, mereka kami daftarkan. Nama-nama tersebut kami daftarkan. Apabola sampai proses perpindahan federasi sudah didapatkan, mereka akan aman," jelas Endri.

3 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Turun Tangan

"Shin Tae-yong sudah menghubungi langsung pemain tersebut ke klubnya masing-masing. Mudah-mudahan dengan adanya sinergi antara pelatih dan PSSI ini," tutur Endri.

"Bisa dipercepat proses naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On," ungkap Endri, yang juga berstatus sebagai manajer Timnas Indonesia tersebut.

4 dari 4 halaman

Maarten Paes

Selain Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On, sebenarnya masih ada satu nama lagi yang akan diambil sumpah pada 12 Maret 2024. Dia adalah Maarten Paes.

Namun, perpindahan federasi Maarten Paes sedikit rumit. Sebab, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) ini pernah membela Timnas Belanda U-21 pada 2020 ketika usianya telah menginjak 22 tahun.

Video Populer

Foto Populer