Sukses


Raihan Impresif Otavio Dutra: Juara ISL serta Liga 1, dan Kini Liga 2 bersama PSBS Biak

Bola.com, Jakarta - Nama Otavio Dutra termasuk pemain yang bergelimang prestasi di Indonesia. Dia baru saja ikut membawa PSBS Biak menjadi juara Pegadaian Liga 2 2023/2024 yang jadi tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Jauh sebelumnya, Otavio Dutra sebenarnya pernah menyumbang trofi juara kasta tertinggi Indonesia dengan dua nama kompetisi yang berbeda.

Masing-masing adalah juara ISL 2013 bersama Persipura Jayapura dan kampiun Liga 1 2017 dengan Bhayangkara FC. Dua momen itu terjadi saat Dutra masih berstatus pemain asing berpaspor Brasil.

Otavio Dutra sendiri menjadi pemain naturalisasi dan mengantongi paspor Indonesia sejak 2019. Dengan status WNI, bek berusia 40 tahun itu masih mampu menyumbang gelar juara untuk PSBS, dan kali ini kasta kedua Liga 2.

“Ya, puji Tuhan bisa juara lagi dan tambah satu trofi lagi. Semua itu karena Tuhan membantu kami ini setiap hari,” kata Dutra kepada Bola.com, Minggu (10/3/2024), memilih merendah

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak PSBS Biak

PSBS mengawali Liga 2 musim ini dengan tergabung di Grup 4 yang akhirnya jadi juara grup. Mereka bersaing dengan Persewar Waropen, Persipal BU, Persipura Jayapura, Sulut United, Kalteng Putra, dan Persiba Balikpapan.

Masuk 12 besar, tim berjulukan Badai Pasifik itu bersaing lagi dengan Persewar, Persipal, dan Gresik United. Hasilnya fantastis, PSBS mampu menjadi juara Grup Z dengan status tak terkalahkan meraih 16 poin dari enam laga.

Masuk semifinal, PSBS berjumpa dengan Persiraja Banda Aceh. Leg pertama sempat berakhir 1-1 (25/2/2024), namun tim berjulukan Badai Pasifik itu kemudian berpesta 4-0 pada leg kedua (29/2/2024).

Di partai final, PSBS menghadapi Semen Padang yang juga berambisi juara. Kali ini mereka justru menang mudah pada 5 dan 9 Maret 2024.

Masing-masing unggul 3-0 di dua leg pertandingan sehingga menang agregat 6-0 yang memastikan gelar juara Liga 2 musim ini.

“Semua manajer, staf pelatih, dan pemain bekerja keras di tahun ini. Liga 2 adalah liga yang tidak mudah. Tapi, Puji Tuhan, kami bisa kompak sampai selesai,” ucap Otavio Dutra.

 

3 dari 3 halaman

Materi Pemain Mumpuni

PSBS sendiri berisikan materi pemain yang sangat mumpuni dengan ambisi promosi ke Liga 1 musim depan. Kebanyakan dari skuat mereka adalah nama-nama yang sudah malang melintang di kasta tertinggi.

Selain Dutra, sebut saja ada nama-nama Beto Goncalves, Osas Saha, Fabiano Beltrame, Ruben Sanadi, Nelson Alom, Vendry Mofu, Yohanis Nabar, hingga Muhammad Tahir.

Itu masih ditambah dua pemain asing, yakni Alessandro Ferreira dan Hwang Do-yeon.

Video Populer

Foto Populer