Sukses


Malut United Menang Dramatis atas Persiraja dan Promosi Ke Liga 1, Laga Terbaik dalam Karier Aditya Putra Dewa

Bola.com, Jakarta - Kebahagiaan masih menyelimuti bek Malut United, Aditya Putra Dewa, setelah berhasil mengantarkan timnya promosi ke Liga 1 musim depan. Ini menjadi kali kedua Adiya Putra Dewa melakukannya setelah pada 2018 dia melakukannya bersama PSS Sleman.

Malut United menemani PSBS Biak dan Semen Padang berlaga di Liga 1 musim depan sebagai tim promosi. Ini merupakan kali pertama tim berjulukan Laskar Kie Raha itu berkiprah di strata teratas kompetisi sepak bola Indonesia.

Tim besutan Imran Nahumarury itu menyegel tiket promosi Liga 1 setelah menang dramatis atas Persiraja Banda Aceh pada pertandingan leg kedua play-off perebutan tempat ketiga Pegadaian Liga 2 2023/2024.

Bertanding di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (9/3/2024) sore, Laskar Kie Raha sukses membekuk tamunya dengan skor tipis 3-2 dalam 120 menit pertandingan setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal 90 menit.

Gol Malut United dicetak oleh Frets Butuan lewat penalti pada menit 45'+9, Dave Mustaine pada menit ke-104, dan Jose Wilkson pada menit ke-115. Sementara dua gol Persiraja Banda Aceh dicetak oleh Zikri Ferdiansyah pada menit ke-32 dan Ramadhan pada menit 91'.

2 dari 5 halaman

Sesuai Target

Aditya Putra Dewa mengaku sangat senang target naik kasta tercapai sesuai harapan. Menurut Dewa, prestasi tersebut menjadi kebanggaan tersendiri karena untuk kali pertama Malut United akan berkancah di kasta tertinggi sepak bola nasional.

"Alhamdulillah target kami bisa tercapai untuk lolos ke Liga 1. Ini pencapaian yang sangat luar biasa buat kami, kami menargetkan untuk bisa lolos ke Liga 1," ujar Aditya Putra Dewa kepada Bola.com, Minggu (10/3/2024).

"Kami melalui proses yang sangat berliku dari awal kompetisi tapi Alhamdulillah perlahan kami menemukan performa terbaik kami dan bisa lolos ke Liga 1," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Jadi Pertandingan Terbaik

Tiket promosi tidak didapat Malut United dengan mudah. Dalam dua leg yang tersaji Persiraja Banda Aceh menunjukkan perlawanan yang sangat sengit.

Bahkan pada partai penentu, pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time usai kedua tim bermain sama kuat 1-1 di waktu normal.

Bek berusia 33 tahun itu mengatakan kemenangan dramatis di kandang tak lepas dari kerja keras seluruh pemain. Dia menilai para pemain tampil luar biasa dan menunjukkan semangat juang tinggi di lapangan.

"Pertandingan kemarin salah satu yang terbaik dalam karier saya, sangat dramatis, dan sangat menegangkan buat saya. Dua kali tertinggal, kami memenangkan laga lewat babak extra time menandakan mentalitas tim sangat baik," katanya.

"Motivasi dari Coach Imran sangat membakar semangat kami sehingga saya bersama teman-teman akhirnya bisa berhasil membalikkan keadaan," ucap Aditya Putra Dewa.

 

4 dari 5 halaman

Andalan Lini Belakang

Aditya Putra Dewa direkrut Malut United pada awal musim ini, tepatnya pada 3 Juli 2023. Bisa dibilang, mantan pemain PSIM Yogyakarta itu merupakan salah satu pemain kunci yang membawa Laskar Kie Raha promosi musim ini.

Perannya cukup besar di lini belakang Malut United. Dari 24 laga, Aditya Putra Dewa tampil 16 kali atau 1.116 menit bermain. Dari jumlah pertandingan yang dijalani itu, dia sukses mengepak dua assist.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer