Sukses


BRI Liga 1: Cetak Gol Perdana, 2 Gelandang Muda Persebaya Meroket Sejak Kedatangan Paul Munster

Bola.com, Surabaya - Perkembangan positif ditunjukkan oleh Paul Munster sejak melatih Persebaya Surabaya mulai 4 Januari 2024. Muncul gelandang muda yang terlihat menunjukkan performa menanjak di BRI Liga 1 2023/2024.

Mereka adalah Muhammad Iqbal dan Toni Firmansyah. Dua nama ini lebih sering mendapat kesempatan menit bermain. Mereka juga akhirnya bisa mencetak gol perdana berada di bawah arahan Paul Munster.

Munster sendiri menyebutkan bahwa dua gelandang itu memang memiliki pemahaman taktik yang baik. Hal itu kemudian berdampak pada performa mereka di lapangan dan mampu menyumbang gol.

“Dalam latihan, mereka juga memahami bagaimana taktik saya. Saya pikir itu sangat penting, karena dengan begitu mereka paham di mana mereka seharusnya berada di lapangan, dengan bola atau tanpa bola,” kata Munster, Minggu (10/03/2024).

Muhammad Iqbal sebenarnya direkrut Persebaya pada pertengahan musim lalu. Pemain berusia 23 tahun itu pun sukses menyumbang tiga gol dalam sembilan penampilan di Liga 1 2022/2023.

Dia lantas sempat jadi andalan di awal musim, namun kerap kalah saing dengan gelandang asing. Ditambah lagi, beberapa kali pergantian pelatih Persebaya membuatnya tidak selalu ada dalam starting eleven.

Iqbal akhirnya mencetak gol perdana musim ini saat membantu Persebaya menang 2-1 atas PSS Sleman (3/3/2024). Dia mencetak gol cepat saat laga belum berjalan semenit lewat sepakan keras dari luar kotak penalti.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Rekam Jejak Toni Firmansyah

Lain halnya dengan Toni Firmansyah yang musim lalu masih masuk skuat Persebaya U-18. Dia baru promosi ke tim senior sejak awal musim ini. Di usia masih 19 tahun, belum banyak menit bermain juga yang didapatnya.

Pertandingan berlangsung dramatis terjadi saat Borneo menjamu Persebaya (7/3/2024). Skor masih 0-0 sampai menit ke-84. Persebaya kemudian unggul dulu lewat sepakan keras Toni Firmansyah dari luar kotak penalti (85’).

Toni memanfaatkan bola muntah yang mengarah kepadanya. Dengan satu sentuhan, dia melepas tembakan keras dan hanya membuat kiper Nadeo Argawinata melongo tanpa berupaya menghalau sepakannya.

Itu adalah gol perdananya untuk Persebaya. Sayangnya, gol itu tidak membantu Persebaya memenangkan pertandingan. Borneo pada akhirnya menang 2-1 dalam laga ini.

 

3 dari 5 halaman

Paul Munster Cukup Puas

Paul Munster cukup puas dengan apa yang ditunjukkan oleh Toni dan Iqbal. Apalagi, Persebaya kini tidak punya gelandang asing selepas kepergian Ze Valente dan Song Ui-young.

“Saya menunjukkan kepada mereka elemen taktis permainan kami. Juga di komputer saya untuk menunjukkannya, tentu saja ketika saya sedang melakukan presentasi dengan tim,” ungkap Munster.

"Mereka semua perlahan memahami bagaimana kami harus bermain musim ini. Saya juga menyemangati mereka." 

"Mereka pemain bagus dan harus selalu berkembang. Dan semua orang tahu ekspektasi saya terhadap semua pemain,” imbuhnya.

 

4 dari 5 halaman

Tingkatkan Performa

Meski begitu, Paul Munster mendorong Toni dan Iqbal untuk terus meningkatkan performanya. Sebab, mereka dinilai memiliki potensi lebih untuk bisa terus berkembang di masa depan.

"Mereka tahu ekspektasinya tinggi, jadi mereka harus mendorong lebih banyak. Mereka membaik secara bertahap," kata Munster.

"Mereka tahu standar apa yang harus mereka lakukan. Tapi saya selalu ingin lebih dan para pemain tidak bisa bersantai,” tambahnya. 

Persebaya saat ini masih tertahan di peringkat ke-12 klasemen sementara dengan 35 poin dari 28 laga. Berikutnya, mereka dijadwalkan menjamu Madura United memasuki pekan ke-29 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/3/2024) malam.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer