Sukses


AFF Undang PSM dan Persija untuk Ikut ASEAN Club Championship 2024

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan Persija Jakarta dikabarkan diundang oleh Sub-Konfederasi Sepak Bola Asia (AFF) untuk mengikuti turnamen antarklub AFF, ASEAN Club Championship 2024.

PT LIB membenarkan bahwa PSM dan Persija Jakarta diajak untuk berpartisipasi dalam ASEAN Club Championship, namun meminta dikonfirmasi kepada PSSI yang menerima surat dari AFF.

PSM menjadi wakil Indonesia di ASEAN Club Championship karena statusnya sebagai juara BRI Liga 1 2022/2023. Sedangkan Persija Jakarta adalah tim peringkat keduanya.

ASEAN Club Championship rencananya akan dimulai pada pertengahan tahun ini. Kejuaraan itu baru berlangsung dua kali pada 2003 dan 2005. Sempat ingin dihelat pada 2022 dan 2023, namun urung terwujud.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Riwayat ASEAN Club Championship

Pada ASEAN Club Championship 2003, wakil India, East Bengal, keluar sebagai juara. Dua tahun berselang, giliran klub Singapura, Tampines Rovers yang menjadi kampiun.

Ada dua tim dari Indonesia yang pernah berkancah di ASEAN Club Championship. Keduanya adalah Petrokimia Putra dan Persita Tangerang. Keduanya turun pada edisi 2003.

Petrokimia adalah juara Liga Indonesia 2002, sementara Persita runner-up. Petrokomia menjadi peringkat ketiga di ASEAN Club Championship. Sementara, Persita gugur di perempat final.

3 dari 4 halaman

Jadwal ASEAN Club Championship

Bola.com telah menghubungi Sekjen PSSI, Yunus Nusi, untuk mengonfirmasi mengenai undangan dari AFF kepada PSM dan Persija buat ASEAN Club Championship, namun belum direspons hingga berita ini tayang.

Pada akhir tahun lalu, media Singapura, Straits Times, melaporkan bahwa Kualifikasi ASEAN Club Championship bakal bergulir pada Juli 2024, penyisihan grup pada Agustus 2024-Februari 2025, dan semifinal serta final April-Mei 2025.

"Sumber mengatakan AFF telah melakukan pendekatan kepada asosiasi anggota, dengan beberapa kemungkinan mencakup dua perwakilan negara kompetisi lebih besar seperti Liga Thailand dan Liga Indonesia," tulis Straits Times.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer