Sukses


BRI Liga 1: Bek Asing RANS Nusantara Cedera, Hamka Hamzah Disiapkan sebagai Pengganti

Bola.com, Sleman - RANS Nusantara sudah menyiapkan pengganti bagi absennya bek Angelo Meneses. Pemain asal Portugal itu mengalami cedera lutut kiri dan harus mengakhiri musim lebih cepat.

Cedera itu didapat ketika melawan Persib Bandung di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Yogyakarta, Minggu (3/3/2024). Bek berusia 30 tahun itu belum lama ini menjalani operasi di Portugal. Angelo diperkirakan menepi selama 2-3 bulan.

Caretaker pelatih RANS Nusantara, Francis Wewengkang rupanya sudah menyiapkan alternatif pemain pengganti di sisa kompetisi BRI Liga 1 2023/2024. Pemain tersebut adalah sang manajer tim, Hamka Hamzah.

Mantan kapten Timnas Indonesia itu sebelumnya sudah masuk daftar susunan pemain saat RANS Nusantara dijamu Persik Kediri pada pekan ke-28 Liga 1. Hanya saja, Hamka Hamzah tidak diturunkan dalam laga yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 4-2 tersebut.

"Hamka itu kan sebagai manajer tetapi juga merangkap sebagai pemain. Seperti yang diketahui salah satu pemain kami berposisi bek sedang mengalami cedera, jadi kami membutuhkan pemain belakang dan kami mempersiapkan dia," ujar Francis Wewengkang.

2 dari 4 halaman

Kapan Dimainkan?

Francis Wewengkang belum bisa memastikan apakah Hamka Hamzah bakal dimainkan pada laga selanjutnya atau tidak. Yang pasti, Hamka sudah disiapkan untuk sisa kompetisi musim ini.

Kebetulan, selain menjabat sebagai manajer tim, pria kelahiran Makassar itu juga masih terdaftar sebagai pemain aktif. "Kemungkinan dia dimainkan tergantung situasi yang ada di lapangan," kata Francis Wewengkang.

Di sisi lain, klub yang dijuluki The Prestige Phoenix itu kini sedang terpuruk di pentas Liga 1. Sosok Hamka Hamzah tidak hanya dibutuhkan untuk menambal kekurangan di sektor bek tengah, namun juga diharapkan bisa membimbing dan memotivasi para pemain di lapangan.

3 dari 4 halaman

Dalam Zona Bahaya

The Prestige Phoenix masih paceklik kemenangan di Liga 1. Mereka gagal menang di 12 pertandingan terakhir. Parahnya lagi, RANS Nusantara cuma mampu mencetak lima gol dan kebobolan 16 kali di empat laga terkini.

RANS Nusantara masih tertahan di papan bawah klasemen sementara Liga 1. Mereka saat ini ada di peringkat 13 klasemen sementara dengan nilai 33. The Prestige Phoenix mencatat delapan kemenangan, sembilan imbang, dan 11 kekalahan.

Klub milik Raffi Ahmad itu hanya berjarak dua poin saja dari tiga tim dibawahnya yakni Persita Tangerang, PSS Sleman, dan Arema FC. Kalau tidak segera berbenah, bukan tidak mungkin posisi mereka bakal kian merosot.

 

4 dari 4 halaman

Ayo Bangkit!

Pada laga selanjutnya, RANS Nusantara akan berhadapan dengan Bali United dalam pekan ke-29. Menurut jadwal, laga ini berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (17/3/2024) malam WIB.

The Prestige Phoenix wajib bangkit. Kompetisi masih menyisakan enam pertandingan. Tiga poin jadi hal penting yang harus diamankan, termasuk saat menjamu tim papan atas Bali United.

Serdadu Tridatu saat ini nangkring di posisi tiga klasemen dengan torehan 48 poin. Mereka juga dalam tren yang cukup bagus di beberapa laga terkini. Kalau tak ingin kembali terpeleset, RANS Nusantara wajib mewaspadai armada Stefano Cugurra Teco itu.

Video Populer

Foto Populer