Sukses


Turun Gunung, Hamka Hamzah Kembali Tampil Bersama RANS Nusantara di BRI Liga 1

Bola.com, Bantul - Hamka Hamzah kembali mencatatkan debutnya bersama RANS Nusantara FC di BRI Liga 1 2023/2024. Momen itu terjadi ketika The Prestige Phoneix bersua Bali United pada pekan ke-29.

Mantan kapten Timnas Indonesia itu diturunkan sejak menit awal dalam duel yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (17/3/2024) malam WIB. Hamka bermain selama 79 menit.

Lama mengemban tugas manajer, Hamka Hamzah akhirnya unjuk gigi lagi di Liga 1. Dia menggantikan posisi, Angelo Meneses yang menepi karena cedera lutut dan dipastikan absen hingga akhir musim ini.

Adapun laga ini berakhir dengan skor sama kuat 1-1. Gol RANS Nusantara FC dicetak oleh Mitsuru Maruoka pada menit ke-64. Adapun gol Bali United dilesakkan Jefferson Assis pada menit ke-61.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sudah Disiapkan Pelatih

Hamka Hamzah memang sudah disiapkan pelatih untuk mengisi kekosongan posisi bek tengah, sepeninggal Angelo Meneses. Pemain berusia 40 tahun itu sebelumnya juga sudah masuk daftar susunan pemain saat RANS Nusantara FC melawan Persik Kediri.

Namun, saat itu dia tidak dimainkan. Pertandingan ini dimenangkan oleh Persik Kediri dengan skor 3-4 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat, 8 Maret 2024.

Caretaker pelatih RANS Nusantara, Francis Wewengkang, mengatakan jasa Hamka Hamzah dibutuhkan di sisa kompetisi musim ini. Kebetulan, selain menjabat sebagai manajer tim, bek kelahiran Makassar itu juga terdaftar sebagai pemain aktif.

Di sisi lain, The Prestige Phoenix kini sedang terpuruk di pentas Liga 1. Sosok Hamka tidak hanya dibutuhkan untuk menambal kekurangan di sektor bek tengah, namun juga diharapkan bisa membimbing dan memotivasi para pemain di lapangan.

 

3 dari 5 halaman

Periode Kedua

Ini merupakan periode kedua Hamka Hamzah tampil bersama RANS Nusantara. Sebelumnya, dia pernah membela tim milik Raffi Ahmad itu ketika masih berkompetisi di Liga 2 pada musim 2020/2021.

Hamka juga ikut andil mengantar RANS Nusantara promosi ke Liga 1 pada 2021 lalu. Bek berpostur 187 itu mencatat 15 penampilan atau 1.291 menit bermain. Mencetak dua gol plus dua assist.

Sementara itu, pada musim berikutnya, Hamka Hamzah memilih hijrah ke satu di antara kontestan Liga 2, FC Bekasi City. Di sana, dia tampil tujuh kali dan mengepak dua gol. Hingga akhirnya pada 1 Juli 2023 kembali ke pelukan The Prestige Phoenix.

 

4 dari 5 halaman

Terpaku di Papan Bawah

Di sisi lain, hasil imbang kontra Bali United tidak membuat RANS Nusantara beranjak dari posisi ke-13 klasemen sementara. The Prestige Phoenix mengumpulkan 34 poin. Mereka mencatat delapan kemenangan, 10 seri, dan 11 kalah.

Sementara itu, Bali United tetap bertengger di peringkat ketiga klasemen dengan raihan 49 angka. Perinciannya meraih 14 kemenangan, tujuh imbang, serta delapan kekalahan.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer