Sukses


Marc Klok Ingin Terus Berjuang untuk Merebut Kembali Posisi Inti di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Setelah menjalani debut pada 2022, Marc Klok sempat menjadi andalan utama di lini tengah Timnas Indonesia. Posisinya sulit digantikan dalam waktu yang cukup lama.

Namun, belakangan Marc Klok seperti kehilangan posisi di tim utama Timnas Indonesia. Shin Tae-yong lebih senang memasng Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Seperti yang terjadi di Piala Asia 2023. Saat itu menit bermain Marc Klok bahkan sangat terbatas. Ia hanya dimainkan di menit-menit akhir pertandingan. 

Marc Klok mengaku situasi itu tak mudah bagi dirinya. Sebab, kini pemain berusia 30 tahun itu harus lebih sering duduk di bangku cadangan.

"Pertama ini tidak mudah karena saya sebelumnya selalu main di tim juga punya peran penting," katanya pada acara Media Day Timnas Indonesia di Jakarta, Minggu (17/3/2024) malam WIB.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hal yang Biasa

Marc Klok kemudian menyebut pergantian status pemain dalam sebuah tim sebagai hal yang biasa. Itu menjadi bagian dari dinamika sepak bola.

"Itu biasa, karena cuma 11 orang yg main," ujarnya.

Eks pemain PSM Makassar itu juga menyebut pemilihan pemain ada di tangan pelatih. Sebagai pemain, ia memang harus menerima keputusan itu.

"Pelatih selalu pilih siapa paling bagus bagi dia dan harus terima," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tak Boleh Menyerah

Marc Klok tampak masih memiliki tekad yang kuat. Pemain keturunan Belanda itu ingin bekerja keras untuk bisa kembali ke skuad utama Timnas Indonesia.

"Satu hal yang berpengaruh adalah sikap dan perilaku kita dan itu penting ditunjukkan oleh pemain senior seperti saya," ujar Klok.

Marc Klok juga bertekad memberikan contoh yang baik dengan selalu berusaha tampil maksimal saat sesi latihan. Ia pun mengaku siap jika diberi kesempatan bermain lagi.

"Saya harus optimistis, harus bantu di latihan dengan maksimal. Kalau tidak kasih contoh yang bagus, itu buruk buat tim. Kalau ada kesempatan lagi saya akan main saya akan siap, semua pemain tentu pengen main tidak hanya di bench," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Maret 2024

Kamis, 21 Maret 2024

Timnas Indonesia Vs Vietnam (Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta)

Selasa, 26 Maret 2024

Vietnam Vs Timnas Indonesia (Stadion My Dinh, Hanoi)

Video Populer

Foto Populer