Sukses


Pesan Widodo C Putro Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jangan Terpancing Emosi!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam, Kamis (21/3/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Seperti biasanya, pertemuan kedua negara diprediksi berlangsung sengit.

Bahkan sebelum pertandingan, pemain Vietnam sudah melancarkan psywar. Mereka melihat skuat Timnas Indonesia kini dihuni banyak pemain naturalisasi asal Belanda. Sehingga pemain Vietnam tidak merasa menghadapi Indonesia. Melainkan Belanda.

Mantan striker Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro berharap tim Merah-Putih tidak terpancing emosinya pada laga nanti. Baik dengan perang urat syaraf maupun situasi di lapangan nanti.

“Saya berharap Timnas Indonesia berjuang keras memenangkan pertandingan. Dan tidak terpancing emosinya. Itu bukan berarti takut. Karena dengan tidak emosi, pemain bisa menjalankan strategi sesuai yang diinstruksikan,” kata pria yang kini menjabat sebagai pelatih Arema FC itu.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaatkan Status Tuan Rumah

Dia melihat jika beberapa kali pertemuan dengan Vietnam, pemain Timnas Indonesia terlihat lebih emosional. Hal itu justru akan membuat ketenangan di lapangan mulai berkurang dan bisa menjadi salah satu titik lemah Indonesia. Di kubu Vietnam sering memancing emosi lawan dengan permainan keras.

Hanya saja, kali ini skuat Indonesia berbeda. Banyak pemain naturalisasi didalamnya. Namun, Widodo tak ingin menilai terlalu jauh tentang materi pemain. Baik lokal maupun naturalisasi, baginya harus bisa memberi kemenangan. “Karena main di kandang, ya harus menang,” tegasnya.

Saat pertemuan terakhir di Piala Asia 2023, Indonesia berhasil menekuk Vietnam satu gol tanpa balas. Dari segi permainan, Indonesia bisa dibilang lebih baik. Itu tak lepas dari kehadiran gerbong naturalisasi. Ditambah lagi Vietnam sedang dalam transisi setelah ditangani pelatih asal Perancis, Philippe Troussier.

3 dari 5 halaman

Sebagai Penonton

Ketika ditanya terkait Timnas Indonesia, ada hal menarik yang disampaikan Widodo. Dia tidak ingin diposisikan sebagai pengamat atau pelatih yang berkomentar tentang Timnas. Widodo lebih senang jika disebut sebagai penonton.

“Saya hanya sebagai penonton saja. Bukan pengamat atau sebagai pelatih,” terangnya.

4 dari 5 halaman

Berharap yang Terbaik

Widodo sebenarnya punya nama besar dalam sepakbola Indonesia. Dia merupakan penyerang andalan Indonesia di era 90-an. Selain itu, dia sempat jadi asisten pelatih di timnas Indonesia pada 2010-2011. Setelah itu, dia jadi pelatih kepala Timnas Indonesia U-21 tahun 2012.

Sejauh ini, dia jarang berkomentar terkait komposisi pemain timnas Indonesia. Menurut dia, setiap pelatih punya karakter berbeda. Namun, dia tetap memberi dukungan 100 persen untuk Indonesia. Termasuk ketika pemainnya di Arema dipanggil.

Dengan senang hati dia memberikan restu. Seperti yang terjadi pada Arkhan Fikri. Sang pemain sebenarnya dibutuhkan Arema untuk lanjutan BRI Liga 1 melawan Persebaya Surabaya pada 27 Maret. Namun, dia tetap dilepas ke Timnas Indonesia sehingga tidak mengikuti persiapan bersama Singo Edan.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer