Sukses


Timnas Indonesia Tanpa Jordi Amat dan Elkan Baggott, Nama-Nama Ini Bisa Jadi Serepnya untuk Bekuk Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani laga krusial menjamu Vietnam pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga pertama digelar di hadapan pendukung sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Terdapat perubahan komposisi pemain Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah tiga pemain cedera. Berikut daftar 26 pemain Timnas Indonesia vs Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong sebelumnya mengumumkan 28 pemain untuk menghadapi Vietnam pada 21 Maret dan 26 Maret. Namun, STY harus melakukan perubahan nama pemain dalam skuad setelah Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri absen karena cedera.

"Tiga pemain, yakni Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri dipastikan absen memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam. Hal ini karena tiga pemain tersebut mengalami cedera," begitu pengumunan dari PSSI.

Namun STY tak perlu khawatir meski akan minus Jordi Amat dan Elkan Baggott yang selama ini punya peran vital di lini belakang. Sebab masih ada nama-nama lain yang menjadi serep untuk menutup lubang yang ditinggalkan.

Simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Debut Jay Idzes

Proses naturalisasi yang lancar bagi Jay Idzes juga akan berdampak positif untuk Timnas Indonesia. Bek jangkung itu berpeluang langsung tampil perdana alias debut menghadapi Vietnam nanti.

Jay Idzes bisa gantikan peran Jordi Amat sebagai bek tengah. Postur tingginya bisa dimanfaatkan untuk antisipasi bola-bola udara silang dari Vietnam. Pengalamannya selama bermain di klub Italia, Venezia juga akan semakin membantu tim Merah-putih.

Absennya Jordi Amat dapat ditutup oleh Jay Idzes. Pemain berpostur 190 cm bakal membentuk menara kembar bersama Justin Hubner jika STY memasangkan keduanya.

3 dari 5 halaman

Justin Hubner Tak Tergantikan

Selain itu, kehilangan Elkan Baggott juga tidak perlu diambil pusing karena Justin Hubner bisa menggantikannya sebagai bek tengah kiri. Masih ada Justin Hubner yang dapat diturunkan Shin Tae-yong di barisan belakang.

Justin Hubner dapat diduetkan dengan Jay Idzes apabila STY memainkan skema dua bek tengah sejajar. Atau jika dengan formasi tiga bek di belakang, keduanya berkolaborasi dengan Sandy Walsh atau Rizky Ridho.

Justin Hubner sudah ditempa saat membela Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2023 di Qatar kemarin. Masih berusia 20 tahun, bertinggi 187 cm, Hubner dikenal pemain lugas dan punya umpan-umpan terukur. Pemain Wolverhampton itu selalu tampil penuh dalam empat laga di Piala Asia 2023.

4 dari 5 halaman

Nathan Tjoe-A-On Jadi Opsi Lain

Sosok Nathan Tjoe-A-On bisa mengisi posisi di jantung pertahanan jika diperlukan. Yaitu menempatkan debutan Nathan Tjoe-A-On sebagai bek tengah kiri. Ia akan menjalani debutnya bersama tim Merah-Putih setelah disumpah sebagai WNI.

Bek anyar Timnas Indonesia itu pede Skuat Garuda mampu mengalahkan Timnas Vietnam. "Saya pernah sekali menonton Vietnam di Piala Asia kemarin," tuturnya, Selasa (19/3/2024).

Nathan tidak menampik bahwa Vietnam memiliki kualitas yang bagus. Namun ia yakin MU bisa mengatasi perlawanan The Golden Star di laga ini. "Pada pertandingan itu, saya melihat bahwa mereka [Vietnam] adalah tim yang bagus. Mereka benar-benar menyulitkan timnas Indonesia," sambung Nathan.

"Saya pikir kami bisa mengalahkan mereka dan kami siap untuk itu. Sekarang kualitas yang dimiliki tim ini sudah jauh lebih baik. Kita harus bekerja sama dan memberikan segalanya untuk memenangkan pertandingan ini. Saya percaya penuh kepada rekan-rekan saya," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer