Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Persebaya Ketagihan Clean Sheet, Kipernya Pilih Ernando atau Andhika?

Bola.com, Surabaya - Pelatih Paul Munster mencatatkan raihan yang apik selama menangani Persebaya Surabaya. Tim Bajul Ijo membukukan tiga clean sheet dalam tujuh pertandingan.

Kini, pelatih berusia 42 tahun itu menginginkan clean sheet lagi. Persebaya akan menghadapi Arema dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024) malam.

"Saya menuntut clean sheet. Untuk mencapai itu, bukan hanya dari para penjaga gawang. Clean sheet berasal dari tim," kata Paul Munster.

Paul Munster merasa sangat senang melihat kiper Ernando Ari Sutaryadi sudah mengikuti latihan. Ernando sudah sembuh dari cedera bahu yang menderanya.

Namun, Ernando tidak mendapat garansi bisa dimainkan di laga terdekat melawan Arema FC. Sebab, ada Andhika Ramadhani yang mampu tampil apik juga saat Ernando absen.

Paul Munster menyebutkan bahwa situasi yang dihadapinya justru sangat bagus. Ernando dan Andhika harus bersaing untuk mendapatkan tempat. Tak ada status kiper utama di skuat Persebaya saat ini.

“Ernando sudah kembali sekarang, dia perlu tampil mengesankan. Ernando sudah bisa berlatih, Andhika pertandingan terakhir cleansheet. Ada persaingan yang bagus sekarang. Jadi, Ernando akan bersaing dengan Andhika untuk mendapatkan tempat,” ungkap Paul Munster.

2 dari 4 halaman

Persaingan Kiper

Ernando didapuk sebagai penjaga gawang utama dalam tiga musim terakhir. Teranyar, dia mengalami cedera bahu dan absen dalam lima laga. Dalam jumlah pertandingan itulah Andhika tampil mampu membukukan dua clean sheet serta hanya kebobolan empat.

Persaingan antara Ernando dan Andhika sudah bukan hal yang baru. Mereka sudah melakukannya sejak Liga 1 2021/2022. Setiap musim, dua kiper Persebaya ini berbagi menit bermain dan selalu sama-sama tampil apik.

“Saya tidak suka ketika kami memiliki satu pemain yang selalu bermain. Saya suka persaingan, dan ini jadi bagus antara Ernando dan Andhika. Andhika sekarang juga melangkah lebih baik,” ucap Munster.

3 dari 4 halaman

Perbandingan Statistik

Ernando yang berstatus kiper utama justru memiliki catatan statistik yang kurang apik sejauh ini di musim ini. Dia tampil dalam 14 laga dan telah kebobolan 21 gol serta baru mencatatkan tiga cleansheet.

Sedangkan Andhika yang merupakan kiper pelapis justru tampil lebih banyak dalam 17 laga. Hasilnya, kiper asli Surabaya itu hanya kebobolan 14 gol dan telah membukukan enam clean sheet.

“Saya tidak pernah mengenal Andhika sebelumnya. Jadi, sekali lagi, ini akan menjadi lebih segar untuk semua pemain. Andhika merasa baik dan termotivasi. Ernando melihat Andhika bermain bagus juga,” ujar Munster.

“Sekarang, kami akan memilih yang mana yang bagus. Situasi ini bagus untuk tim. Sekarang kami memiliki dua penjaga gawang yang bersaing untuk mendapatkan kesempatan bermain,” imbuh pelatih berusia 42 tahun itu.

4 dari 4 halaman

Laga Selanjutnya

Persebaya sangat serius menatap duel melawan Arema FC. Pertandingan bertajuk Derbi Jatim itu akan berlangsung dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024).

Tim asal Kota Pahlawan itu juga masih belum aman dari ancaman degradasi. Saat ini, mereka berada di posisi ke-12 klasemen sementara dengan 36 poin dari 29 laga, hasil dari delapan menang, 12 seri, dan sembilan kalah.

Video Populer

Foto Populer