Sukses


Kiper Panathinaikos Resmi Jadi WNI, Perketat Persaingan Kiper Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kiper Panathinaikos di Liga Yunani, Cyrus Margono, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pesepak bola berusia 22 tahun itu bisa memperketat persaingan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia.

Cyrus Margono diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Kamis (21/3/2024) pagi WIB.

Cyrus Margono lahir di New York, Amerika Serikat, pada 9 November 2001. Ibunya, Sepeedeh, berasal dari Iran. Sementara, ayahnya, Johan, berdarah Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Tenaga Ahli Menpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan, menjelaskan bahwa Cyrus Margono pernah menjadi WNI, tapi tidak memiliki paspor Indonesia.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Musim Ketiga di Panathinaikos B

Cyrus Margono bermain untuk Panathinaikos B, tim usia muda dari Panathinaikos. Dia bergabung dnegan klub raksasa Yunani itu pada 2021 setelah meniti kariernya di Amerika Serikat.

Panathinaikos B berkompetisi di Super League Greece 2 atau kompetisi kasta kedua Liga Yunani. Pada musim ini, Cyrus Margono dkk. menempati peringka kesembilan dari 12 peserta Grup Selatan.

Dari 24 pertandingan Panathinaikos B di Super League Greece 2 2023/2024, Cyrus Margono baru bermain delapan kali. Penjaga gawang berusia 22 tahun itu kebobolan 12 kali dan hanya merangkum satu clean sheet.

3 dari 3 halaman

Belum Masuk Radar Shin Tae-yong

Sebenarnya, nama Cyrus Margono tidak masuk radar PSSI dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang lebih memprioritaskan kiper FC Dallas di Liga Amerika Serikat, Maarten Paes.

Namun, Maarten Paes masih menjalani naturalisasi. Penjaga gawang kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998 ini tinggal menunggu diambil sumpah kewarganegaraan RI dan perpindahan federasi di FIFA.

Ke depannya, sembari menunggu proses Maarten Paes selesai, Cyrus Margono bisa saja dipertimbangkan Shin Tae-yong mengingat ia kini telah menjadi WNI dan dapat dipanggil dengan mudah ke Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer