Sukses


Komentar Tengil Bek Vietnam: Puluhan Ribu Suporter Timnas Indonesia Berikan Atmosfer Mencekam di SUGBK, Klaim Wasit Bisa Memihak Tuan Rumah

Bola.com, Hanoi - Bek Timnas Vietnam, Doan Van Hau, mewanti-wanti Nguyen Quang Hai dkk. ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Vietnam bakal melawan tuan rumah Timnas Indonesia dalam partai ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Namun, Doan Van Hau bakal absen membela Vietnam. Bek berusia 24 tahun itu baru menjalani operasi tumit yang memaksanya absen sejak tahun lalu, termasuk di Piala Asia 2023.

Padahal, Doan Van Hau menjadi satu dari beberapa pemain Vietnam yang paling berpengalaman menantang Timnas Indonesia, baik di level senior maupun kelompok usia.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Persiapkan Mental yang Kuat

Doan Van Hau mengingatkan para pemain Vietnam untuk mempersiapkan mental yang kuat karena tidak mudah bertanding di hadapan puluhan ribu suporter Timnas Indonesia yang memenuhi SUGBK.

Mantan pemain klub Belanda, Feyenoord, ini berbagi pengalamannya ketika berlaga di SUGBK sewaktu Vietnam mengimbangi Timnas Indonesia 0-0 dalam babak semifinal Piala AFF 2022 pada Januari 2023.

"Stadion yang berkapasitas hampir 80.000 kursi akan dipenuhi oleh suporter, mereka akan berteriak-teriak menciptakan atmosfer yang mencekam sepanjang pertandingan," ujar Doan Van Hau dinukil dari media Vietnam, VN Express.

3 dari 5 halaman

Cerita Doan Van Hau

"Saya pernah mengalami itu ketika bersama Vietnam bermain di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Jika tidak kuat mental, tim tamu akan langsung tertekan dari menit pertama, sulit untuk menampilkan kemampuan maksimal," tutur Doan Van Hau.

"Saat ini, pemain senior harus membimbing pemain muda agar mereka bisa melewati situasi ini. Sebelumnya, saya teguh karena saya mengatakan pada diri sendiri bahwa teriakan itu adalah dukungan bagi saya," ucap pemain yang menjadi public enemy fans Timnas Indonesia itu karena kelakuannya yang kontroversial.

4 dari 5 halaman

Khawatirkan Wasit

VN Express menarasikan bahwa Doan Van Hau juga khawatir dengan kepemimpinan wasit. Fullback kiri asal Cong An Ha Noi itu mengklaim pengadil pertandingan bisa memihak Timnas Indonesia karena faktor suporter.

"Masalah lain yang membuat Doan Van Hau khawatir adalah wasit. Dia berpendapat bahwa saat memimpin pertandingan di stadion dengan lebih dari 80.000 suporter seperti itu, wasit mana pun cenderung sedikit lebih bersimpati pada tuan rumah," tulis VN Express mendeskripsikan pernyataan Doan Van Hau.

 

5 dari 5 halaman

Wasit Pernah Pimpin Laga Vietnam

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menunjuk Salman Falahi dari Qatar untuk menjadi wasit bersama Ramzan Saeed Al Naemi sebagai asisten 1, Majid Hudaires Al Shammari asisten 2, dan Mohammed Ahmed Al Shammari wasit cadangan.

Salman Falahi menjadi pengadil pertandingan ketika Timnas Vietnam U-22 berpesta empat gol tanpa balas atas Timnas Kamboja U-22 di semifinal SEA Games 2019.

Sumber: VN Express

Video Populer

Foto Populer