Sukses


Timnas Indonesia Menang, Fans Vietnam Tuntut Philippe Troussier Out

Bola.com, Jakarta - Kekalahan Timnas Vietnam dari Timnas Indonesia memberikan dampak. Pelatih Vietnam, Philippe Troussier, kini menerima tekanan untuk melepaskan jabatannya.

Vietnam kalah 0-1 saat bertandang ke markas Tim Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada laga lanjutan Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (21/3/2024).

Hasil itu membuat Timnas Vietnam turun peringkat ke posisi tiga Grup F dengan nilai tiga. Adapun Timnas Indonesia kini menduduki posisi kedua dengan empat poin di bawah Irak yang menghuni puncak grup dengan sembilan angka.

Kekalahan ini membuat situasi kurang menguntungkan bagi pelatih Philippe Troussier. Suporter Vietnam menuntut agar arsitek tim berpaspor Prancis itu dipecat karena sudah banyak memberikan dampak buruk.

"Segera setelah pertandingan tersebut, kata Troussier menjadi populer di platform jejaring sosial Facebook. Pelatih Troussier menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar," tulis Soha, media Vietnam.

"Bersamaan dengan itu, tagar ‘TroussierOut’ terus muncul di postingan dan komentar di setiap grup sepak bola. Fans mengungkapkan rasa frustrasinya dan ingin pelatih Philippe Troussier meninggalkan posisinya sebagai pelatih kepala Timnas Vietnam setelah hasil buruk baru-baru ini."

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sejak Piala Asia 2023

Tekanan ini sebenarnya sudah muncul setelah hasil buruk Piala Asia 2023 pada Januari 2024. Vietnam selalu kalah dalam tiga laga, yakni melawan Jepang (2-4), Timnas Indonesia (0-1), dan Irak (2-3).

Hasil Piala Asia 2023 itu berakibat pada posisi Timnas Vietnam di ranking FIFA. Mereka sebelumnya menduduki posisi ke-94 atau 100 besar, dan kini mengalami penurunan 11 peringkat ke posisi ke-105.

Ditambah kekalahan itu berlanjut di Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026. Suporter Vietnam khawatir tim kebanggaan mereka semakin kesulitan bersaing dengan hasil yang selama ini diberikan oleh Philippe Troussier.

3 dari 4 halaman

Memahami Tekanan Suporter

Situasi ini sudah dipahami Troussier. Dia mengaku merasakan tekanan itu. Publik Vietnam sudah lama memberi tekanan kepadanya untuk mundur, dan kini situasinya jadi lebih parah.

"Orang Vietnam menantikan agar VFF memecat saya. Mereka menantikan hari saya digantikan. Mereka mengatakan cara saya bekerja dengan tim Vietnam tidak tepat. Bahkan ada yang mengatakan saya menyabotase sepak bola Vietnam," ujar Troussier.

4 dari 4 halaman

Bersiap Jamu Timnas Indonesia

Kini, Vietnam masih akan melakoni pertandingan melawan Timnas Indonesia. Mereka akan berstatus sebagai tuan rumah dalam laga yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Duel ini bisa menjadi ajang balas dendam bagi mereka. Namun, kekuatan Timnas Indonesia malah akan bertambah di duel itu. Ada tiga pemain tambahan yang kini akan tampil, Asnawi Mangkualam, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Video Populer

Foto Populer