Sukses


Kualifikasi Piala Dunia 2026: Pulang dari Indonesia dengan Kekalahan, Timnas Vietnam Tak Dapat Sambutan di Negaranya Sendiri

Bola.com, Hanoi - Timnas Vietnam telah kembali ke negara asalnya setelah menelan kekalahan mengecewakan. Mereka takluk 0-1 dari Timnas Indonesia dalam Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Laporan Dan Tri menyebutkan skuat Timnas Vietnam telah meninggalkan Jakarta pada pukul 18.15 WIB, Jumat (22/3/2024). Mereka langsung menunju Hanoi dengan menempuh perjalan sekitar empat jam menggunakan pesawat.

Kekalahan dari Timnas Indonesia itu membawa dampak pada Timnas Vietnam saat ini. Sebab, tim berjulukan The Golden Star itu tidak mendapat sambutan dari fans mereka setibanya di Vietnam.

“Pada malam tanggal 22 Maret, tim Vietnam kembali ke rumah setelah kekalahan mengecewakan dari tuan rumah Indonesia. Di Bandara Noi Bai (Hanoi), tidak ada fans yang menyambut Pelatih Troussier dan timnya,” tulis Dan Tri.

“Setelah mengambil barang bawaannya, para pemain segera kembali ke mobilnya untuk beristirahat. Kembalinya tim Vietnam ke negara ini terbilang sepi karena performanya yang kurang meyakinkan.”

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Ada Sambutan

Saat di Bandara Noi Bai, beberapa orang mengajak para pemain Vietnam berfoto. Itu pun penumpang pesawat yang kebetulan sedang ada di bandara juga, bukan fans yang sengaja ingin menyambut kedatangan tim.

“Beberapa penggemar mengenali Van Toan dan Quang Hai dan meminta untuk mengambil foto kenang-kenangan. Setelah itu, kedua pemain tersebut pun buru-buru kembali ke bus,” tulis Dan Tri lagi.

“Seluruh tim mendapat alokasi bus besar, tim Vietnam akan kembali istirahat dan berlatih lagi. Seluruh tim menjalani tiga sesi latihan untuk mempersiapkan laga balasan melawan Indonesia.”

3 dari 4 halaman

Dalam Tekanan

Selain itu, pelatih Vietnam, Philippe Troussier, kini menerima tekanan untuk keluar dari jabatannya. Suporter Vietnam menuntut agar arsitek tim berpaspor Prancis itu dipecat karena sudah banyak memberikan dampak buruk.

Tekanan ini sebenarnya sudah muncul setelah hasil buruk Piala Asia 2023 pada Januari 2024. Vietnam selalu kalah dalam tiga laga, yakni melawan Jepang (2-4), Indonesia (0-1), dan Irak (2-3).

Hasil Piala Asia 2023 itu berakibat pada ranking FIFA Vietnam. Mereka sebelumnya menduduki posisi ke-94 atau 100 besar dan kini mengalami penurunan 11 peringkat ke posisi ke-105.

4 dari 4 halaman

Bayang-Bayang Kegagalan

Ditambah kekalahan itu berlanjut di Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026. Suporter Vietnam khawatir tim kebanggaan mereka semakin kesulitan bersaing dengan hasil yang selama ini diberikan oleh Philippe Troussier.

Kini, Vietnam masih akan melakoni pertandingan melawan Timnas Indonesia. Mereka akan berstatus sebagai tuan rumah dalam laga yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam.

Duel ini bisa menjadi ajang balas dendam bagi mereka. Tapi, kekuatan Timnas Indonesia malah akan bertambah di pertandingan itu. Ada tiga pemain tambahan yang bisa tampil, yakni Asnawi Mangkualam, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Sumber: Dan Tri

Video Populer

Foto Populer