Sukses


BRI Liga 1: Performa Andhika Ramadhani Makin Solid, Siap Bawa Persebaya Clean Sheet Lagi Jumpa Arema

Bola.com, Surabaya - Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani, sedang dalam performa terbaik. Andhika tampil dalam lima pertandingan BRI Liga 1 2023/2024, dan membukukan dua clean sheet serta hanya kebobolan empat gol.

Hal itu membuat pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, melontarkan pujian untuk Andhika. Dia merasa kiper berusia 25 itu semakin menunjukkan kontribusi optimal untuk Tim Bajul Ijo.

"Andhika pertandingan terakhir clean sheet. Andhika Ramadhani sekarang juga melangkah lebih baik. Saya tidak pernah mengenal Andhika sebelumnya. Dia merasa baik dan termotivasi," kata Paul Munster.

Andhika Ramadhani memilih merendah saat mendengar pujian yang dilontarkan Paul Munster. Selama ini, dia hanya berusaha dan berjuang keras untuk memenuhi apa yang diinginkan sang pelatih kepala, yakni tidak kebobolan.

"Saya bersyukur kalau Coach Munster bilang seperti itu. Setiap latihan, Coach Munster selalu bilang jika Persebaya harus clean sheet. Selama diberi kesempatan, saya berusaha untuk mencapai itu," kata Andhika Ramadhani kepada Bola.com, Minggu (24/3/2024).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berpeluang Besar Tampil

Kini, Persebaya Surabaya sedang bersiap melakoni lawatan ke markas Arema FC. Duel bertajuk Derbi Jatim itu bakal tersaji pada pekan ke-30 BRI Liga 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024).

Andhika hampir pasti mendapat garansi tampil dalam laga itu. Sang pesaing Ernando Ari Sutaryadi harus membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Situasinya terkesan Andhika Ramadhani sudah dipastikan akan mendapat kesempatan main melawan Arema FC. Namun, kiper asli Surabaya itu menolak anggapan sudah mendapat jaminan tampil di Derbi Jatim.

"Saya tidak akan bilang bahwa saya sudah ada jaminan main melawan Arema. Situasinya tidak 100 persen saya pasti main, masih ada kiper lain juga. Apapun yang terjadi, saya tetap harus berjuang keras untuk mendapat kesempatan main," ucapnya.

 

3 dari 5 halaman

Ukir 6 Clean Sheet

Andhika Ramadhani sebenarnya merupakan kiper pelapis Persebaya sejak Liga 1 2021/2022. Dia bisa tampil dalam lima laga terakhir karena Ernando sempat mengalami cedera bahu.

Saat Ernando Ari sudah sembuh, muncul persaingan lagi untuk mendapatkan posisi kiper utama. Namun kini, kans tampil bagi Andhika tetap terbuka mengingat Ernando harus melakoni pertandingan bersama Tim Merah Putih di jadwal yang mepet.

Andhika yang merupakan kiper pelapis justru tampil lebih banyak dibanding Ernando. Pada musim ini, dia tampil dalam 17 laga dan hanya kebobolan 14 gol, serta telah membukukan enam clean sheet.

"Persiapan saya sama seperti biasanya. Kalau dipercaya sebagai starter, saya harus siap mental melawan Arema. Jangan hilang fokus dari menit awal sampai peluit akhir. Kita tahu, Persebaya juga perlu poin untuk aman dari papan bawah," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Bakal Berjalan Sengit

Duel ini diprediksi berlangsung sengit karena jarak kedua tim di klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini tidak berbeda jauh. Persebaya ada di posisi ke-12 dengan 36 poin, sedangkan Arema ada di peringkat ke-15 atau posisi terbawah zona aman dengan 31 angka.

Bicara performa terkini, Arema FC sedang dalam penampilan apik dalam lima pertandingan dengan meraih 10 angka. Tim Singo Edan sukses membukukan tiga kemenangan, sisanya berakhir masing-masing satu seri dan kalah.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer