Sukses


Pundit Vietnam Sebut Strategi Troussier Tidak Masuk Akal, Desak Skuad Dirombak saat Menjamu Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kekalahan 0-1 dari Timnas Indonesia pada matchday 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 menggiring opini di Vietnam bahwa pelatih Philippe Troussier melakukan kesalahan fundamental. Pundit kenamaan Quang Huy pun merasa demikian.

Timnas Indonesia meraih tiga poin penting berkat gol tunggal Egy Maulana Vikri memanfaatkan blunder bek lawan pada babak kedua. Buat Vietnam, kekalahan tersebut menambah panjang rentetan hasil minor sejak Philippe Troussier menjabat sebagai pelatih tim senior The Golden Star.

Kini, Vietnam di ambang tiga kekalahan beruntun dari Timnas Indonesia. Satu kekalahan lainnya diderita Vietnam pada fase grup Piala Asia 2023. Bahkan jika mau dimasukkan hitungan, Troussier juga takluk dari Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2023.

Yang jelas, Philippe Troussier dianggap gagal meneruskan performa apik Vietnam kala masih dilatih oleh Park Hang-seo. Timnas Indonesia yang kerap menelan kekalahan sekarang justru selalu memenangi dua laga terakhirnya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tidak Masuk Akal

Quang Huy menyebut komposisi pemain yang dimainkan Troussier tidak masuk akal, terutama saat menghadapi Timnas Indonesia pada pertemuan pertama di Stadion Gelora Bung Karno pekan lalu.

"Dari segi komposisi pemain pada pertandingan sebelumnya banyak terdapat banyak hal yang tidak masuk akal. Ada pemain yang seharusnya tidak digunakan, atau ada pemain yang disalahgunakan. Oleh karena itu, kemampuan terkuat individu tidak dapat terlihat secara kolektif," kata Quang Huy dinukil dari Soha.

"Bui Tien Dung juga, sebenarnya harus dimainkan, tetapi yang tidak masuk akal adalah menempatkannya sebagai bek tengah di sisi kanan. Juga Van Thanh yang tak terlihat oke di sisi kiri penyerangan."

"Secara umum, pada pertandingan sebelumnya, Pelatih Troussier salah mengatur susunan pemain, dan pergantian pemain sepertinya tidak tepat."

 

3 dari 4 halaman

Saran buat Matchday 4

Quang Huy yang sering mengkritik Troussier belakangan ini juga memberikan saran mengenai pemilihan atau komposisi pemain jelang matchday 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas Indonesia.

"Saya pikir setidaknya kita harus menempatkan tim dengan komposisi yang tepat. Penjaga gawang menurut saya masih Nguyen Filip. Lalu tiga bek adalah Bui Hoang Viet Anh, Thanh Chung dan mungkin Bui Tien Dung, tetapi di sebelah kiri."

Selain di lini belakang, lini serang juga jadi sorotan Huy. Ada dua opsi yang ia sampaikan, yakni trio Quang Hai, Tien Linh, dan Van Toan atau Dinh Bac, serta trio Quang Hai di kiri, Van Toan di kanan, Tien Linh di tengah.

"Tergantung kalkulasi karena kalau Van Toan masuk sebagai pemain pengganti, dia bisa berakselerasi," ujarnya lagi menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Bisa Menang 2-0

Lebih lanjut, Huy memprediksi bahwa Vietnam bisa memenangi pertandingan dengan skor 2-0.

"Saya pikir kita bisa menang 2-0. Sebenarnya pertandingan ini bisa berjalan dalam dua cara. Jika tidak berubah, kita mungkin akan kalah lagi dan kalah lebih banyak dari leg pertama. Jika kita berubah, saya berharap menang 2-0 dan pencetak golnya adalah Quang Hai dan Van Toan."

"Pemain Vietnam yang lincah bisa mengerahkan tenaganya melawan gelandang Indonesia yang tinggi namun lamban. Kami bisa memanfaatkan keadaan buruk mereka untuk mencetak gol."

Sumber: Soha

Video Populer

Foto Populer