Sukses


Yan Victor Baru Debut di Derbi Jatim, Langsung Cetak Gol Bawa Persebaya Tekuk Arema

Bola.com, Gianyar - Bek asing Persebaya Surabaya, Yan Victor, menampilkan performa impresif melawan Arema. Dia menjadi penentu kemenangan Bajul Ijo atas Singo Edan, Rabu (27/3/2024) malam.

Persebaya sukses menang dengan skor tipis 1-0 saat melawat ke markas Arema dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Gol tunggal laga ini disumbang oleh Yan Victor di menit ke-40. Pemain asal Brasil itu mampu memanfaatkan situasi sepak pojok. Dia memanfaatkan situasi tendangan sudut.

Bola sempat disundulnya, tapi mengenai Bruno Moreira yang ada di depannya. Bola pantulan itu yang dikonversi jadi gol oleh Yan Victor lewat sepakan kaki kanannya.

Menariknya, Yan Victor untuk kali pertama menghadapi duel panas bertajuk Derbi Jatim. Dia merupakan bek asing yang baru didatangkan Persebaya memasuki putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024.

2 dari 4 halaman

Belajar Banyak Hal

Sebelum pertandingan, dia sempat mengungkapkan bahwa perlu mencari informasi mengenai Derbi Jatim. Yan Victor merasa perlu mempelajari banyak hal dari tim lawan karena belum setahun berkarier di Indonesia.

Bek berusia 28 tahun itu langsung mencetak gol dalam laga pertamanya di Derbi Jatim. Apalagi, itu juga merupakan gol pertama yang disumbangnya untuk Persebaya sejak bergabung. Yan Victor pun mengucap rasa syukur atas keberhasilannya di laga ini.

“Segala kemuliaan diberikan kepada Tuhan. Kemenangan hebat di derbi, sangat senang dengan gol tersebut,” tulis Yan Victor dalam sebuah unggahan di akun instagramnya setelah pertandingan.

Selain gol penting itu, Yan Victor juga tampil sangat apik di lini pertahanan. Dia memimpin barisan lini belakang dalam menghalau setiap upaya serangan Arema. Alhasil, Persebaya berhasil tidak kebobolan di laga.

3 dari 4 halaman

Andalan

Sejak pertama direkrut, bek berpaspor Brasil itu tak pernah absen dan selalu tampil 90 menit dalam 13 laga beruntun. Kali ini, dia mampu mencetak gol yang jadi penentu kemenangan tim Bajul Ijo.

Apa yang dilakukannya membuat Persebaya melanjutkan dominasi dalam rivalitas sengit bertajuk Derbi Jatim melawan Arema.

Bajul Ijo sudah tidak terkalahkan dalam delapan pertemuan terakhir di semua ajang. Hasilnya, Persebaya menang tujuh kali, dan hanya sekali seri.

4 dari 4 halaman

Dominasi Persebaya

Jika menilik pertemuan di Liga 1, Persebaya berhasil selalu menang dalam lima pertemuan terakhir dengan Arema FC. Hal itu semakin menambah kuat status Bajul Ijo sebagai tim yang mendominasi Singo Edan.

Kali terakhir Arema berhasil mengalahkan Persebaya terjadi pada lanjutan Liga 1 2019, tepatnya 15 Agustus 2019 atau sudah hampir lima tahun lalu. Saat itu, Arema sukses menang 4-0. Setelah itu, Persebaya tak pernah kalah lagi.

Hasil ini membuat Persebaya naik ke posisi ke-10 klasemen sementara dengan 39 poin dalam 30 laga. Sedangkan Arema masih mengoleksi 31 angka dan rawan masuk zona degradasi lagi pekan ini. 

Video Populer

Foto Populer