Sukses


Melihat Laga-Laga Krusial Arema FC, Persebaya, PSM, dan Persija di Akhir BRI Liga 1: Belum Aman dari Ancaman Degradasi!

Bola.com, Jakarta - Empat tim elite ternyata sampai saat ini masih belum dipastikan aman dari ancaman degradasi BRI Liga 1 2023/2024. Tim-tim seperti Arema FC, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, hingga Persija Jakarta, bisa saja tergelincir jika tak berhati-hati.

Arema FC memang menjadi kontestan yang paling terancam untuk terdegradasi dari BRI Liga 1. Sebab, selain baru saja kalah pada pekan ke-30, mereka kini tersungkur di peringkat 16 klasemen dengan koleksi 31 poin.

Jika melihat empat pertandingan tersisa, Singo Edan memang sebetulnya masih bisa menyelamatkan nasibnya dari zona merah. Namun, misi ini juga tak bisa dilakukan dengan mudah karena harus melawan tim-tim elite.

Sementara itu, tiga tim elite lainnya posisinya saat ini berdekatan. Persebaya di peringkat ke-10 dengan koleksi 39 poin, disusul Persija di urutan ke-11 dengan 38 poin, dan diikuti PSM dengan koleksi 37 poin di posisi ke-12.

Jarak satu poin antarkontestan ini berpotensi mengalami perubahan mengingat mereka masih melewati beberapa laga krusial hingga akhir musim ini. Berikut Bola.com menyajikan penjelasannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Arema FC

Arema FC memang menghadapi tantangan yang sulit untuk terhindar dari zona merah. Sebab, pada tiga pertandingan terakhir, Singo Edan sudah gagal meraih kemenangan. Empat laga tersisa pun bakal cukup ketat.

Sebab, mereka harus melawan tim yang sama-sama ingin lolos dari zona degradasi, PSS Sleman. Ada pula jawara musim reguler, Borneo FC. Dua lawan berikutnya ialah PSM Makassar dan Madura United.

Juku Eja jelas tak mau begitu saja kehilangan poin demi poin karena mereka juga belum aman dari degradasi. Sementara itu, Madura United akan jadi lawan yang sulit karena tengah berjuang mengamankan peringkat empat besar.

Sisa Laga Arema:

  • Pekan Ke-31: Vs PSS Sleman
  • Pekan Ke-32: Vs Borneo FC
  • Pekan Ke-33: Vs PSM Makassar
  • Pekan Ke-34: Vs Madura United
3 dari 6 halaman

Persija

Performa Persija Jakarta musim ini memang masih jauh dari harapan. Setelah musim lalu mengakhiri persaingan di papan atas, mereka kini harus terjun bebas hingga menduduki posisi yang tak ideal.

Macan Kemayoran memang harus menghadapi sejumlah ujian untuk lolos dari ancaman degradasi. Momen ini dimulai dengan menghadapi Bali United yang berada di peringkat empat besar.

Setelah itu, ada lawan-lawan seperti Persis Solo, Barito Putera, dan RANS Nusantara FC, yang siap mengadang anak asuh Thomas Doll. Pada laga pamungkas, mereka akan berjumpa PSIS Semarang yang punya ambisi menembus babak championship series.

  • Pekan Ke-30: Vs Bali United
  • Pekan Ke-31: Vs Persis Solo
  • Pekan Ke-32: Vs Barito Putera
  • Pekan Ke-33: Vs RANS FC
  • Pekan Ke-34: Vs PSIS Semarang
4 dari 6 halaman

PSM

Status sebagai jawara bertahan di BRI Liga 1 2023/2024 ternyata tak lantas membuat PSM Makassar jadi tim yang bisa mengancam musim ini. Mereka malah ditimpa banyak masalah dan terancam masuk zona merah.

Ada beberapa ujian yang harus dilewati PSM untuk lolos dari ancaman ini. Yang pertama ialah melawan pemuncak klasemen Borneo FC, lalu menghadapi dua tim yang sedang berjuang memperebutkan peringkat empat besar, yakni PSIS Semarang dan Madura United.

Adapun dua laga terakhir bakal tersaji melawan tim-tim yang sebetulnya sama-sama berjuang untuk tak terjerat degradasi, yakni Arema FC dan RANS Nusantara FC.

  • Pekan Ke-30: Vs Borneo FC
  • Pekan Ke-31: Vs PSIS Semarang
  • Pekan Ke-32: Vs Madura United
  • Pekan Ke-33: Vs Arema FC
  • Pekan Ke-34: Vs RANS FC
5 dari 6 halaman

Persebaya

Kemenangan atas Arema FC pada pekan ke-30 punya arti penting bagi Persebaya Surabaya. Namun, mereka tetap saja harus berhati-hati karena empat pertandingan tersisa harus menghadapi lawan yang sangat kuat.

Dua lawan di antaranya yakni Persib Bandung dan Bali United. Dua peserta ini sama-sama berada di peringkat empat besar dan bakal terus berjuang untuk mempertahankannya hingga akhir musim reguler.

Selanjutnya, dua lawan lainnya belakangan ini juga tengah memperlihatkan tren peningkatan, yakni Dewa United dan Persik Kediri. Keduanya bisa mengancam kontestan empat besar jika konsisten meraih hasil positif.

  • Pekan Ke-31: Vs Dewa United
  • Pekan Ke-32: Vs Persib Bandung
  • Pekan Ke-33: Vs Bali United
  • Pekan Ke-34: Vs Persik Kediri
6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer