Sukses


11 Tim Sudah Memastikan Berkiprah di BRI Liga 1 Musim Depan, Siapa Menyusul?

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 semakin mendekati akhir. Pekan ke-30 telah rampung, dan kini seluruh tim kontestan hanya menyisakan empat pertandingan saja.

Menariknya, kini sudah ada sebelas tim yang memastikan akan berkompetisi di BRI Liga 1 musim depan. Sebagai gambaran, posisi teratas di zona merah alias peringkat ke-16 kini dihuni oleh Arema FC dengan 31 poin.

Artinya, tim-tim Liga 1 yang tak mungkin dikejar Arema adalah mereka yang punya keunggulan lebih dari 12 angka atau sudah mengoleksi lebih 43 angka. Mereka dipastikan tidak akan terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Itu dimulai dari empat tim teratas klasemen sementara. Borneo FC masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan 70 angka.

Mereka sempat jadi tim pertama yang lolos ke championship series atau empat besar, dan kini juga memastikan akan tetap di puncak klasemen akhir regular series.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

8 Tim Musim Ini yang Sudah Pasti Main Musim Depan

Hanya ada tiga slot tersisa untuk memperebutkan tiket ke championship series. Persib Bandung yang ada di posisi kedua dengan 55 poin pun juga belum mengunci tiket ke empat besar.

Lalu, ada pula Bali United di posisi ketiga (52 poin) dan Madura United menempati peringkat keempat (47 poin).

Di bawah mereka, masih ada PSIS Semarang (47 poin) dan Persik Kediri (46 poin) yang masih berjuang merangsek ke atas.

Nah, ada tambahan dua tim Liga 1 lain yang sudah pasti tidak akan turun kasta. Mereka adalah Dewa United dan Persis Solo. Keduanya sama-sama menang di pekan ke-30 lalu dan kini mereka telah mengoleksi 44 angka.

 

3 dari 5 halaman

Tambahan 3 Tim Promosi

Itulah delapan tim Liga 1 musim ini yang memastikan tetap berkiprah di kasta teratas musim depan. Lantas, tiga tim mana yang juga akan meramaikan persaingan Liga 1 musim?

Mereka adalah tiga tim promosi dari Liga 2 2023/2024 yang telah rampung pada Februari lalu. Di antaranya yakni PSBS Biak, Semen Padang, dan Malut United.

Jadi, 11 tim yang sudah memastikan di Liga 1 2024/2025 adalah Borneo, Persib, Bali United, Madura United, PSIS, Persik, Dewa United, Persis, PSBS, Semen Padang, dan Malut United.

 

4 dari 5 halaman

Persaingan Zona Degradasi

Kini, tersisa tujuh slot saja yang akan diperebutkan oleh tim-tim Liga 1 lain. Persikabo 1973 terlempar dari persaingan itu karena telah dipastikan terdegradasi mengingat kini ada di dasar klasemen dengan 17 poin.

Persaingan ketat tujuh tiket tersisa itu menyisakan sembilan tim yang akan bersaing itu. Di antaranya adalah Barito Putera, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, PSM Makassar, RANS Nusantara, PSS Sleman, Persita Tangerang, Arema FC, dan Bhayangkara FC.

Dari sembilan itu, nasib empat tim terakhir jadi yang paling mengkhawatirkan karena dekat sekali dengan zona degradasi. Kini, tersisa empat pertandingan saja bagi mereka untuk berjuang keras agar tidak turun kasta.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer