Sukses


Selisih 8 Poin, Persebaya di Persimpangan Championship Series dan Degradasi BRI Liga 1

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya memiliki catatan unik setelah melakoni 30 pertandingan BRI Liga 1 2023/2024. Mereka masih memiliki peluang untuk masuk zona championship dan zona degradasi.

Tim berjulukan Bajul Ijo itu menduduki posisi ke-10 dengan 39 angka. Catatan itu menempatkan Persebaya Surabaya berada tempat di persimpangan dua zona yang jauh berbeda.

Menariknya, raihan itu memiliki selisih yang sama baik dengan championship maupun empat besar, yakni delapan poin saja. Fakta menarik lainnya, dua tim yang jadi patokan Persebaya adalah Madura United dan Arema FC yang merupakan tim rival.

Posisi keempat kini diduduki Madura United dengan koleksi 47 poin. Sedangkan Arema FC ada di posisi ke-16 atau teratas zona degradasi dengan raihan 31 angka.

Hal ini memungkinkan Persebaya Surabaya untuk bisa tetap berjuang menuju zona championship. Jika sukses menang dalam empat laga tersisa, mereka akan mendapat 12 poin tambahan menjadi 51 poin dan itu mengungguli Madura United.

2 dari 4 halaman

Persaingan Ketat

Namun, hal ini tentu bersyarat karena tim-tim yang ada di atas Persebaya Surabaya masih bersaing ketat untuk masuk championship juga. Mereka adalah Barito Putera, Persis Solo, Dewa United, Persik Kediri, dan PSIS Semarang.

Sementara di sisi lain, Persebaya belum aman dari ancaman degradasi. Jika kalah dalam empat laga ke depan, tim asal Kota Pahlawan itu bakal dalam situasi rawan turun kasta.

Arema FC masih berpotensi mengungguli jika memenangi empat laga tersisa yang nanti memiliki poin maksimal 43 poin. Tapi, persaingan sengit menghindari degradasi ini pun melibatkan beberapa klub lain juga.

Saat ini, sudah ada delapan tim Liga 1 yang dipastikan bertahan dan tidak terdegradasi. Mereka adalah Borneo FC, Persib Bandung, Bali United, Madura United, PSIS, Persik, Dewa United dan Persis.

Persikabo 1973 terlempar dari persaingan itu karena telah dipastikan terdegradasi mengingat kini ada di dasar klasemen dengan 17 poin. Hanya ada tujuh slot tersisa untuk bisa terhindar dari degradasi.

3 dari 4 halaman

9 Tim Masih Bersaing untuk Tetap di Liga 1

Ada sembilan tim yang memperebutkan status aman dari ancaman turun kasta. Mereka adalah Barito Putera, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, PSM, RANS Nusantara, PSS Sleman, Persita Tangerang, Arema FC, dan Bhayangkara FC.

Kini, menarik untuk menyaksikan apakah Persebaya akan menanjak atau justru mengalami penurunan dalam empat laga tersisa.

Empat pertandingan tersisa yang akan dilakoni Persebaya terbilang berat karena menghadapi tim-tim papan atas. Mereka adalah Dewa United, Persib Bandung, Bali United, dan Persik Kediri.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer