Sukses


4 Kiper Timnas Indonesia U-23 Pilihan Shin Tae-yong untuk Piala Asia U-23 2024: Ernando Ari dan Adi Satryo Jadi Andalan

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 jelang Piala Asia U-23 2024. Dari 28 pemain itu, empat di antaranya merupakan penjaga gawang muda.

Timnas Indonesia U-23 saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan di Dubai. Rencananya, tim asuhan Shin Tae-yong itu akan menggelar dua laga uji coba sebelum berlaga di Piala Asia U-23 2024.

Dari 28 pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke Dubai, ada empat penjaga gawang yang diproyeksi tak hanya untuk Piala Asia U-23 2024, tetapi juga untuk masa depan Tim Garuda Muda atau pun senior.

Keempat penjaga gawang Timnas Indonesia U-23 itu adalah Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, Erlangga Setyo, dan Daffa Fasya. Berikut ulasan masing-masing sosok penjaga gawang Tim Garuda Muda itu:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ernando Ari

 

Ernando Ari merupakan penjaga gawang yang sangat diandalkan oleh Shin Tae-yong dalam beberapa tahun terakhir. Jebolan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 ini juga merupakan andalan di bawah mistar gawang klubnya, Persebaya Surabaya.

Ernando Ari baru saja memperlihatkan performa yang sangat apik bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan mencatatkan clean sheet saat Tim Garuda menang 3-0 atas Vietnam di Hanoi.

Kini dengan usia yang masih 22 tahun, Shin Tae-yong membawanya ke Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala Asia U-23 2024 dan diproyeksikan menjadi kiper utama Tim Garuda Muda di turnamen tersebut.

3 dari 5 halaman

Adi Satryo

 

Satu lagi pemain muda yang juga menjadi langganan pemanggilan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Kiper PSIS Semarang itu juga sudah mendapatkan debutnya bersama Timnas Indonesia senior.

Ketika menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar di Jakarta, Adi Satryo mendapat kesempatan dari Shin Tae-yong untuk memperlihatkan kualitasnya.

Timnas Indonesia menang 1-0 dalam pertandingan itu, dan Adi berhasil mencatatkan clean sheet penting dalam laga tersebut.

Namun, dengan keberadaan Ernando Ari, Adi Satryo dipastikan bakal menjadi pelapis selama Ernando Ari dalam kondisi fit untuk tampil di Piala Asia U-23 2024.

4 dari 5 halaman

Daffa Fasya

 

Kiper muda Borneo FC ini merupakan jebolan Garuda Select. Ia juga tergabung dalam Timnas Indonesia U-20 ketika bersiap untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akhirnya gagal digelar di Indonesia.

Ia juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Bicara soal Timnas Indonesia U-23, ini akan menjadi kesempatan pertama Daffa untuk naik level. Dengan pengalaman bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20, Daffa diyakini tidak akan kesulitan untuk beradaptasi.

Namun, bisa dipastikan Daffa Fasya kini dipersiapkan untuk masa depan Timnas Indonesia, baik U-23 maupun senior. Dengan usia yang masih 19 tahun, waktunya masih sangat panjang untuk mendapatkan pengalaman.

5 dari 5 halaman

Erlangga Setyo

 

Kiper asal Jember yang juga jebolan Diklat Persib ini adalah salah satu penjaga gawang Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Dengan usia yang masih 20 tahun, Erlangga Setyo tak beda dengan Daffa Fasya yang masih bisa berkembang untuk masa depan Timnas Indonesia.

Pada musim lalu, Erlangga Setyo bermain bersama PSPS Riau di Pegadaian Liga 2 2023/2024. Ia dipinjamkan oleh Persis Solo yang menjadi pemiliknya.

Video Populer

Foto Populer