Sukses


Shin Tae-yong dan Deretan Asisten Pelatih yang Kawal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, masih akan dibantu deretan asisten yang selalu setia mendampinginya untuk mempersiapkan skuad Garuda Muda menghadapi Piala Asia U-23 2024.

Para asisten pelatih ini memang telah bekerja cukup lama bersama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Mereka direkrut untuk menggantikan beberapa asisten yang mengundurkan diri pada medio Agustus 2020.

Ada pula pelatih yang sudah bekerja sejak awal kepemimpinan Shin Tae-yong di skuad Timnas Indonesia. Mereka masih tetap bertahan di tengah bongkar pasang personel yang mengiringi perjalanan staf kepelatihan.

Sebagai pihak yang punya jasa besar di balik pekerjaan Shin Tae-yong, mereka akan memiliki tugas yang besar membantu juru taktik asal Korea Selatan itu membangun skuad Timnas Indonesia U-23 yang tangguh untuk Piala Asia U-23 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Asisten Pelatih

Sektor asisten pelatih memang memiliki amunisi yang cukup tebal dibandingkan sektor lain. Sebab, ada tiga nama pelatih yang saat ini bertugas di belakang Shin Tae-yong, termasuk di Piala Asia U-23 2024.

Nama pelatih yang paling awet ialah Nova Arianto. Pelatih berusia 45 tahun ini sudah bertugas sejak awal kepemimpinan Shin Tae-yong.

Ini menjadi tahun tersibuk bagi Nova. Sebab, selain membantu Shin Tae-yong, dia juga berstatus sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-16.

Berikutnya ada nama Choi in-cheol. Dia direkrut Shin Tae-yong sejak Mei 2021 untuk menggantikan asistennya yang mengundurkan diri, yakni Gong Oh-kyun. Di samping itu, ada sosok Jo Byeong-guk yang direkrut pada medio Oktober 2022.

3 dari 5 halaman

Pelatih Kiper

Untuk performa personel di bawah mistar gawang, Shin Tae-yong mempercayakan tugas ini kepada dua nama, yakni Kim Bong-soo dan Yoo Jae-hoon. Kim Bong-soo memang jadi sosok yang baru dalam staf pelatih penjaga gawang.

Pelatih berusia 53 tahun itu direkrut pada Oktober 2021 untuk menggantikan asisten sebelumnya, Kim Hae-won, yang mengundurkan diri. Dia mendapatkan pendampingan dari Yoo Jae-hoon.

Pelatih kiper berusia 39 tahun ini memang punya peran penting. Sebab, sebagai sosok kiper yang lama berkarier di Indonesia, Yoo bisa menjadi jembatan komunikasi antara Kim Bong-soo dengan para kiper Timnas Indonesia U-23.

4 dari 5 halaman

Pelatih Fisik

Sementara itu, pelatih fisik yang membantu Shin Tae-yong ialah Shin Shan-gyu. Juru taktik berusia 40 tahun ini juga direkrut bersama dengan Kim Bong-soo pada Oktober 2021 untuk menggantikan pelatih fisik sebelumnya, Lee Jae-hong.

Shin Sang-gyu memang bukan sosok yang asing bagi Shin Tae-yong. Sebab, dia pernah bertugas cukup lama bersama Shin Tae-yong, tepatnya saat menangani Timnas Korea Selatan U-23 mulai tahun 2013 silam.

Selain itu, dokter yang mendampingi skuad Garuda Muda pada ajang ini akan tetap ditugaskan kepada Alfan Nur Asyhar. Dia dibantu Titus Argatama yang berperan sebagai fisioterapis Timnas Indonesia U-23.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Asisten Pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Asisten Pelatih: Nova Arianto, Jo Byeong-guk, Choi In-cheol

Pelatih Kiper: Kim Bong-soo, Yoo Jae-hoon

Pelatih Fisik: Shin Sang-gyu

Dokter Tim: Alfan Nur Asyhar

Fisioterapis: Titus Argatama

Video Populer

Foto Populer