Sukses


Blak-blakan Calvin Verdonk: Saya Tidak Mungkin Lagi Dipanggil Belanda, Bermimpi Membela Timnas Indonesia di Piala Dunia 2026

Bola.com, Nijmegen - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, blak-blakan dengan media Belanda, Voetbal International. Bek berusia 26 tahun itu sudah pesimistis bermain untuk Timnas Belanda.

"Saya harus jujur kepada diri saya. Saya tidak akan lagi mencapai Belanda. Saya hampir 27 tahun sekarang. Itu tidak realistis," ujar Calvin Verdonk.

Maka dari itu, Calvin Verdonk memilih Timnas Indonesia, yang akan diperkuatnya jika naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bisa tuntas.

Darah Indonesia mengalir deras dalam tubuh Calvin Verdonk. Ayahnya berasal dari Meulaboh, Aceh. Begitu pula kakek dan nenek dari bapaknya yang lahir di Serambi Makkah.

2 dari 4 halaman

Angan-Angan Calvin Verdonk

Setelah melihat perjuangan Timnas Indonesia di babak kualifikasi hingga Maret 2024, Calvin Verdonk bermimpi bisa bermain dengan logo Garuda di Piala Dunia 2026.

"Sepak bola sedang berkembang di negara itu. Mereka masih dalam perlombaan untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Itu akan menjadi pengalaman luar biasa bagi saya," jelasnya.

"Bayangkan, jika Timnas Indonesia berhasil, tiba-tiba saya berada di Piala Dunia 2026. Tidak ada yang mengharapkan hal itu," ungkap Calvin Verdonk.

3 dari 4 halaman

Gila Sepak Bola

Riwayat Calvin Verdonk bersama timnas negaranya sebenarnya hampir lengkap. Fullback kiri berpostur 173 cm ini pernah memperkuat Belanda level usia mulai dari U-15 sampai U-21.

Namun, Calvin Verdonk tidak kunjung dilirik Belanda senior. Keberadaan bek sayap kiri seperti Nathan Ake hingga Daley Blind masih terlalu superior untuk digesernya.

"Saya pernah ke Bali sekali untk liburan. Ketika NEC Nijmegen mengunggah sesuatu, itu selalu tentang saya. Mereka benar-benar gila sepak bola. Ada 270 juta penduduk, itu negara yang sangat besar," imbuh Calvin Verdonk.

4 dari 4 halaman

10 Pemain Naturalisasi Keturunan Belanda

Calvin Verdonk bakal menyusul sepuluh pemain berdarah Belanda yang telah lebih dulu dinaturalisasi dan menjadi andalan Timnas Indonesia saat ini.

Kesepuluhnya ialah Marc Klok, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen. Sementara, Maarten Paes segera menyusul.

Saat ini, Timnas Indonesia masih berada di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim berjulukan Skuad Garuda itu bercokol di peringkat kedua dengan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Sumber: Voetbal International

Video Populer

Foto Populer