Sukses


Piala Asia U-23 2024: Ada 4 Penyerang di Timnas Indonesia U-23, Siapa Layak Jadi Target Man?

Bola.com, Jakarta - Piala Asia U-23 2024 semakin dekat. Turnamen itu akan digelar di Qatar mulai 15 April 2024 atau tak sampai dua pekan lagi.

Timnas Indonesia U-23 merupakan satu-satunya tim yang akan menjalani debut di ajang tersebut sejak digelar pada 2013. Hal itu tidak lepas dari peran pelatih Shin Tae-yong yang membantu mencatatkan sejarah baru.

Dia membawa Timnas Indonesia U-23 menjadi juara Grup K bersaing dengan Turkmenistan dan Chinese Taipei. Hasil itu pun membawa mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk kali pertama.

Sebelum tampil di putaran final Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 menjalani dua laga uji coba. Satu laga sudah mereka lakoni dengan kekalahan 1-3 saat berjumpa dengan Arab Saudi (5/4/2024).

Menariknya, satu gol yang tercipta di laga itu merupakan kreasi seorang pemain belakang, yakni Komang Teguh. Kini, masih ada satu laga uji coba melawan Uni Emirat Arab yang akan dimainkan Senin (8/4/2024).

Mulai muncul pertanyaan, siapakah pemain yang pantas dijadikan sebagai target man di Timnas Indonesia U-23. Shin Tae-yong sendiri memanggil empat pemain depan, yakni Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Kelly Sroyer, dan Hokky Caraka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Beda Karakter

Dari empat nama itu, hanya Ramadan dan Hokky yang bisa dimainkan sebagai ujung tombak. Rafael Struick lebih bertipe penyerang lubang, sedangkan Kelly Sroyer kerap dimainkan sebagai penyerang sayap.

Lalu, Hokky Caraka mungkin juga pantas dimainkan sebagai target man utama. Dia selalu dimainkan sebagai starter saat dua kali membela Timnas Indonesia senior melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret lalu.

Sayangnya, Hokky gagal menyumbang gol dalam dua kesempatan itu. Di usia masih 19 tahun, dia tampaknya masih memerlukan lebih banyak pengalaman untuk jadi pilihan utama sebagai target man.

3 dari 4 halaman

Sananta Paling Oke

Dari empat nama, hanya Ramadhan Sananta yang paling pantas dimainkan sebagai target man utama bagi Timnas Indonesia U-23. Dia jauh lebih berpengalaman dan memiliki kemampuan apik dalam memanfaatkan peluang.

Musim lalu, dia membela PSM Makassar dan menjadi striker utama. Total, Ramadhan membukukan 11 gol dalam 24 laga. Hasilnya, dia ikut membawa Juku Eja menjuarai BRI Liga 1 2022/2023.

Pemain berusia 21 tahun itu lantas hijrah ke Persis Solo di musim ini. Kontribusinya tak boleh diremehkan dengan telah menyumbang delapan gol dalam 23 laga. Ramadhan jadi salah satu striker lokal muda yang kian moncer.

4 dari 4 halaman

Catatan Gol Sananta

Di Timnas Indonesia U-23, dia bahkan sudah mencetak delapan gol dalam 14 laga. Di level senior, Ramadhan Sananta menorehkan lima gol dalam 12 pertandingan.

Dengan kemampuannya yang sudah tidak diragukan, Ramadhan Sananta pantas menjadi juru gedor andalan Shin Tae-yong. Karakternya yang menunggu bola matang di depan akan membantunya lebih tajam, apalagi memiliki atribusi cukup baik sebagai striker.   

Video Populer

Foto Populer