Sukses


Raphael Maitimo: Performa Timnas Indonesia U-23 Cukup Oke pada Laga Uji Lawan Arab Saudi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 telah menjalani uji tanding pertama melawan Arab Saudi jelang Piala Asia U-23 2024. Bertanding di The Sevens Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (6/4/2024) dini hari WIB, Tim Garuda Muda kalah 1-3.

Gol tunggal Timnas Indonesia U-23 dicetak Komang Teguh pada menit ke-32. Sayangnya, gawang Tim Garuda Muda kawalan Adi Satryo harus terkoyak tiga kali dalam laga itu.

Pelatih Shin Tae-yong menjajal seluruh pemainnya dalam pertandingan tersebut. Nama-nama yang dipercaya sebagai starter antara lain Adi Satryo, Rizky Ridho, Komang Teguh, dan Ramadhan Sananta.

Kemudian Rafael Struick, Dony Tri Pamungkas, Ivar Jenner, Witan Sulaeman, Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, serta Arkhan Fikri.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Cukup Bagus

Tim Garuda Muda memang gagal menang pada laga itu, namun secara keseluruhan penampilan mereka dinilai sudah cukup bagus. Terutama pada babak pertama.

Opini tersebut diungkapkan mantan pemain Timnas Indonesia, Raphael Maitimo. Kebetulan, pria berusia 40 tahun itu menyaksikan langsung duel antara Timnas Indonesia U-23 versus Arab Saudi di Dubai.

"Penampilan Timnas Indonesia U-23 cukup baik melawan Arab Saudi. Ini masih uji coba dan persiapan menuju Piala Asia U-23," ujar Raphael Maitimo kepada Bola.com, Minggu (7/4/2024).

"Secara keseluruhan, saya kira permainan mereka sudah cukup oke. Babak pertama Timnas Indonesia U-23 bermain sangat bagus dan bisa menahan imbang lawan 1-1," sambung pria kelahiran Rotterdam, Belanda tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Manajer dan Koordinator

Keberadaan Raphael Maitimo di Dubai bukan sekadar menonton Timnas Indonesia U-23 bertanding. Saat ini, Raphael bekerja untuk perusahaan asal Belanda bernama Orange Veins. Sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pengelolaan kebutuhan tim sepak bola selama menjalani kompetisi atau turnamen jarak jauh.

"Saya disini sebagai manajer atau koordinator dan kerjasama dengan Orange Veins, sebuah event organizer (EO) untuk training camp Timnas Indonesia U-23 di Dubai sekarang ini," jelasnya.

Sebelumnya, mantan pemain PSIM Yogyakarta itu juga menjadi bagian dari Timnas Kanada selama gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Ketika itu, Kanada juga menggunakan jasa perusahaan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Bisa Lebih Baik Lagi

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan melakoni satu uji coba lagi melawan Uni Emirat Arab. Duel kedua tim berlangsung pada Senin (8/4/2024). Raphael Maitimo pun berharap Tim Garuda Muda bisa tampil jauh lebih baik pada laga nanti.

"Semoga tanding berikutnya lebih bagus lagi. Apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan itu tentu jadi evaluasi tim pelatih untuk segera dibenahi atau ditingkatkan lagi," ucap Raphael Maitimo.

Adapun pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Dubai bakal berjalan sampai 10 April 2024. Setelah itu, Rizky Ridho dkk. akan terbang ke Doha, Qatar untuk memulai perjuangan di Piala Asia U-23 2024.

Tim Merah-Putih memulai kiprahnya dengan menghadapi tuan rumah Qatar pada 15 April. Tiga hari berselang, mereka bersua Australia dan berjumpa Yordania pada laga terakhir fase grup, 21 April 2024.

Video Populer

Foto Populer