Sukses


Bali United Tetap Tancap Gas saat Idulfitri: Fokus Hadapi Persikabo 1973, Siap Ladeni Persib di Championship Series BRI Liga 1

Bola.com, Denpasar - Ketika banyak klub yang diliburkan sejenak saat Hari Raya Idulfitri, Bali United justru sebaliknya. Ilija Spasojevic dkk. tetap berlatih seperti biasa.

Hanya pemain Muslim yang diliburkan dan pulang ke kampung halaman mereka masing-masing. Pemain non-Muslim tetap berada di Bali. Mereka tetap berlatih di Bali United Training Center saat Idul Fitri.

Pengecualian untuk Mohammed Rashid. Meskipun tidak mudik ke Palestina, tapi Rashid diberi jatah libur. Sesi latihan tetap berjalan dibeberkan oleh gelandang muda Bali United, Maouri Ananda Yves Ramli Simon.

"Tidak ada waktu libur. Kami tetap berlatih. Waktu mepet sebelum melawan Persikabo," terangnya pada Rabu sore (10/4/2024).

2 dari 4 halaman

Punya Semangat Berlipat

Sementara di sisi lain, Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, mengungkapkan jika skuad asuhannya tetap punya semangat berlipat jelang menghadapi Persikabo.

Intensitas latihan tidak boleh diturunkan karena mepetnya waktu pertandingan. Pada Sabtu (13/4/2024), skuad Bali United sudah bertolak ke Bantul untuk persiapan kontra Persikabo 1973 pada Senin (15/4/2024).

"Sejauh ini, tim punya semangat waktu main lawan Persikabo," bebernya.

Pelatih yang karib disapa Teco itu pun tidak mau memandang sebelah mata Laskar Padjajaran meskipun sudah resmi terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Pelatih berpaspor Brasil tersebut yakin Persikabo 1973 akan bermain ngotot dalam empat pertandingan tersisa di BRI Liga 1 2023/2024.

Ia juga tidak bisa mengatakan akan melakukan rotasi meningkat, poin sangat penting diraih Bali United untuk bertahan di posisi empat besar.

"Kami harus respect dengan Persikabo meskipun mereka sudah dipastikan terdegradasi. Kami butuh menang untuk tetap berada di empat besar," ujar Teco

"Kami harus bisa bekerja keras melawan Persikabo, layaknya kami bekerja keras saat menang melawan Persija pekan lalu," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Jika Finis di Posisi 3, Siap Kembali Hadapi Persib

Sekarang, Bali United berada di peringkat ketiga klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 dengan 52 poin, hanya terpaut tiga poin dari Persib Bandung di peringkat kedua. Posisi kedua tim masih bisa berubah di klasemen.

Ada kemungkinan kedua tim akan bersua kembali di championship series. Sebab sesuai regulasi, peringkat dua dan tiga akan bertemu di semifinal dengan format home and away. Sedangkan peringkat pertama akan bertemu dengan peringkat keempat.

Ini menjadi keuntungan untuk Bali United. Sebab sejak era Liga 1 2017, Bali United tidak pernah kalah dari Persib. Total ada 14 kali pertandingan, Bali United tidak pernah kalah. Musim ini, dua kali kedua tim bermain imbang 0-0.

Namun, Teco enggan terlalu memikirkannya terlalu jauh. Ia hanya fokus dalam empat pertandingan terakhir untuk bisa mengamankan satu tiket ke championship series.

"Kami tahu ada regulasi semifinal seperti ini. Namun, kami tidak mau terlalu memikirkannya. Borneo FC sudah lolos. Masih ada tiga tiket yang tersisa. Masih ada 4 pertandingan yang harus kami jalani. Kami harus kerja keras agar bisa ke semifinal. Setelah itu, baru kami memikirkan lawan berikutnya," tutup Teco.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer