Sukses


Piala Asia U-23 2024: STY Puji Kejayaan Qatar di Asia, Timnas Indonesia U-23 Butuh Dua Kunci Penting untuk Atasi Tuan Rumah

Bola.com, Al-Rayyan - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, berusaha meningkatkan dua aspek terpenting menjelang pertandingan perdana melawan Timnas Qatar U-23 pada Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong menyadari, Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi ujian yang tak mudah untuk menghadapi Qatar dalam duel yang berlangsung di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Senin (15/4/2024) pukul 20.00 malam WIB.

Dia mengacu pada performa Timnas Qatar senior yang sukses meraih dua gelar juara Piala Asia secara beruntun pada edisi 2019 dan 2023. Dari pencapaian itu, tim yang berstatus sebagai tuan rumah ini bakal menjadi lawan yang tak mudah ditaklukkan.

“Tentu saja tidak akan mudah menghadapi Qatar yang menjadi tim tuan rumah kejuaraan ini. Sejak edisi 2019, Timnas Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia secara beruntun. Mungkin saja, di level U-23 mereka juga punya kekuatan yang tangguh,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers, Minggu (14/4/2024).

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dua Kunci Penting

Juru taktik asal Korea Selatan itu menjelaskan, tim pelatih sudah berusaha untuk membakar semangat Rizky Ridho dan kawan-kawan menjelang pertandingan pertama di Grup A Piala Asia U-23 2024.

Menurut Shin Tae-yong, dua kunci terpenting untuk bisa melewati laga pertama ini ialah kepercayaan diri dan bermain lepas. Jika dua aspek ini bisa diatasi, maka skuad Garuda Muda mampu mengeluarkan penampilan terbaiknya.

“Namun, saya telah berusaha memberikan kepercayaan diri kepada para pemain. Saya meminta mereka untuk tidak terlalu tertekan, sehingga kami bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dan menunjukkan kekuatan kami,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Persaingan Ketat

Shin Tae-yong juga tak menampik jika dua pesaing lainnya di Grup A, yakni Yordania dan Australia, juga punya kekuatan yang berbahaya. Namun, STY secara khusus menyoroti kiprah Yordania dan Qatar.

Pasalnya, dua peserta inilah yang tim seniornya baru saja menampilkan performa istimewa pada Piala Asia 2023. Keduanya sukses menggebuk setiap lawan yang dihadapi hingga lolos partai final

“Di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania, ketiganya merupakan tim yang sangat kuat dan kompetitif. Terutama Qatar dan Yordania saat tampil di Piala Asia 2023 pada Januari lalu, mereka jadi juara dan runner-up,” katanya.

4 dari 4 halaman

Persiapan Matang

Dari segi persiapan, skuad Garuda Muda memang sudah memiliki waktu yang cukup panjang untuk menatap kejuaraan ini. Pemusatan latihan (TC) telah digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, sejak awal bulan April.

Selama menggelar TC, anak asuh Shin Tae-yong sudah menghadapi dua pertandingan uji coba melawan Arab Saudi (1-3) dan Uni Emirat Arab (1-0). Ini menjadi modal penting bagi Garuda Muda untuk menghadapi persaingan Grup A.

Video Populer

Foto Populer