Sukses


Borneo FC Jadikan 4 Laga Tersisa sebagai Ajang Pemanasan Championship Series BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 akan kembali bergulir mulai 15 April 2024. Kompetisi musim ini masih menyisakan empat pekan pertandingan lagi.

Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, menjadikan empat laga tersisa sebagai pemanasan timnya jelang berlaga di babak Championship Series BRI Liga 1. Fase ini bakal berlangsung pada awal Mei mendatang.

Adapun pada empat laga Reguler Series BRI Liga 1, klub berjulukan Pesut Etam itu menghadapi Madura United, Arema FC, Persib Bandung, dan Dewa United.

"Persib Bandung bakal jadi pertandingan yang bagus apalagi bermain tandang, Dewa United menjadi tim yang berkembang dengan sangat baik," ujar Pieter Huistra seperti dikutip dari laman resmi klub, Minggu (14/4/2024).

"Madura United bukan tim yang mudah dan Arema FC sedang berjuang tidak terdegradasi. Keempat tim ini bakal jadi tantangan dan pemanasan untuk kita menuju Championship Series," lanjutnya.

2 dari 5 halaman

Melegakan

Seluruh kontestan BRI Liga 1 sempat dibikin pusing dengan keputusan PSSI dan PT LIB yang menunda kompetisi. Semestinya matchday ke-31 digelar pada 1-4 April 2024 lalu.

Pengumuman penundaan itu dilakukan selepas Komite Eksekutif (Exco) PSSI menggelar emergency meeting pada Sabtu (30/3/2024) malam.

Saat itu, PSSI menyatakan penghentian Liga 1 demi mendukung kiprah Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Namun, belum sepekan keputusan itu dibuat mereka kemudian meralat pernyataan tersebut. Lewat owners meeting dengan pemilik klub pada Kamis (4/4/2024), disepakati kompetisi bakal berlanjut setelah Lebaran atau pada 15 April 2024.

"Saya sangat senang sekali liga bisa berlangsung kembali secepatnya dan sekarang kondisinya tim dalam mood yang bagus. Jelas, kami ingin menyelesaikan liga dengan cara yang baik," kata Pieter Huistra.

3 dari 5 halaman

Tidak Full Team

Menghadapi empat laga tersisa, Borneo FC dipastikan tanpa diperkuat empat pemain; Fajar Fathur Rahman, Daffa Fasya, Ikhsanul Zikrak, dan I Komang Teguh Trisnanda. Mereka absen karena dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Meski tidak full team, Pieter Huistra tak risau. Dia mengatakan semua pemain memiliki peran sama pentingnya di skuad Pesut Etam.

"Jadi untuk pemain yang memiliki sedikit menit bermain, sekarang adalah waktunya untuk bermain dan menunjukkan kepada semua orang bahwa mereka bisa menjadi bagian dari tim," ucapnya.

"Saya percaya mereka akan bisa menjalankannya karena kurang lebih setahun kita berlatih bersama dan tahu apa yang harus dilakukan sesuai gaya bermain Borneo FC," lanjut Pieter.

4 dari 5 halaman

Layaknya Liga Inggris

Reguler Series BRI Liga 1 ditargetkan rampung pada 30 April 2024. Artinya, kontestan tim harus menyelesaikan semua laga dalam kurun waktu dua pekan saja. Soal itu, Pieter Huistra memberi komentarnya.

"Ya, 14 hari untuk empat pertandingan itu berasa seperti di Liga Inggris, di mana kami akan bermain dalam waktu yang singkat," ujar Pieter Huistra

"Dan tentu kami kehilangan empat pemain yang ke Timnas U-23 tapi ini jadi kesempatan bagus buat pemain muda untuk mendapat menit bermain," pungkasnya.

Terdekat, Borneo FC dijadwalkan bersua Madura United pada pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024. Kedua tim berduel di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, Rabu (17/4/2024) sore WIB.

Pesut Etam saat ini masih kukuh di puncak klasemen sementara BRI Liga 1 dengan torehan 70 poin. Mereka mencatatkan 21 kemenangan, tujuh imbang, dan dua kalah dari 30 pertandingan.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer