Sukses


Kritikan Pedas Shin Tae-yong untuk Wasit Setelah Timnas Indonesia U-23 Takluk dari Qatar: Ini Bukan Sepak Bola tetapi Komedi

Bola.com, Jakarta Pelatih Shin Tae-yong geram dengan kepemimpinan wasit saat Timnas Indonesia U-23 takluk dari Qatar pada laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024. Menurut Shin, wasit mengeluarkan keputusan kontroversial dan membuat laga menjadi pertunjukan komedi.

Tim Garuda Muda bersua Timnas Qatar U-23 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. Meladeni tim tuan rumah, Timnas Indonesia U-23 mampu memberikan perlawanan sengit.

Timnas Indonesia U-23 mencatatkan 57 persen penguasaan bola, melepaskan 10 tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang. Sayangnya, Tim Garuda Muda tak mampu membobol gawang Timnas Qatar U-23.

Anak asuh Shin Tae-yong itu pun akhirnya menyerah 0-2 dari Qatar. Sepasang gol kemenangan Timnas Qatar U-23 disarangkan Khalid Ali Sabah pada menit ke-45+1 dan Ahmed Al Rawi pada menit ke-54.

Dalam duel tersebut, Timnas Indonesia U-23 juga bermain dengan sembilan orang setelah dua pemain mendapatkan kartu merah. Kedua pemain itu adalah Ivar Jenner pada menit ke-46 dan Ramadhan Sananta menit ke-90+6.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Keputusan Kontroversial Wasit

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Qatar juga diwarnai sejumlah keputusan kontroversial wasit Nasrullo Kabirov. Wasit asal Tajikistan tersebut menghadiahkan kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner, karena dianggap menendang tulang kering bek Qatar U-23, Saifeldeen Hassan Fadlalla.

Padahal dari tayangan ulang, Ivar Jenner minim kontak dengan Saifeldeen Hassan Fadlalla. Pemain asal Jong Utrecht itu diganjar kartu kuning kedua setelah menerima yang pertama pada menit ke-14.

Ketika Ivar Jenner dikartu merah, wasit enggan melakukan pengecekan VAR dan langsung memberikan keputusan. Adapun pelanggaran keras bek Timnas Qatar U-23, Saifeldeen Fadlalla, kepada Witan Sulaeman hanya berbuah kartu kuning walau sang wasit mulanya sudah memegang kartu merah.

Selain itu, wasit Nasrullo tidak memberikan sanksi yang layak didapatkan pemain Qatar, karena melakukan pelanggaran keras kepada pemain Timnas Indonesia U-23.

 

3 dari 5 halaman

Pertunjukan Komedi

Pelatih Shin Tae-yong merasa geram dengan serangkaian keputusan kontroversial yang diambil wasit Nasrullo Kabirov. Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, duel sengit Timnas Indonesia U-23 versus Timnas Qatar U-23 berubah menjadi pertunjukan komedi.

"Selamat untuk Qatar. Para pemain sudah berusaha menampilkan permainan yang terbaik, apalagi kita kalah jumlah pemain dan tidak mudah menyerah," kata Shin di situs resmi PSSI.

"Tetapi banyak keputusan wasit di sepanjang pertandingan, kalau kalian melihatnya, itu bukan pertandingan sepak bola, ini sebuah pertunjukan komedi dan sangat berlebihan," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Huni Dasar Grup A

Kekalahan tersebut membuat Timnas Indonesia U-23 kini berada di dasar Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan nilai nol. Adapun Qatar U-23 menempati puncak grup dengan koleksi tiga poin.

Sementara itu, Timnas Australia U-23 dan Timnas Yordania U-23 menempati peringkat dua serta tiga dengan satu poin. Hasil itu didapat setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol, Senin malam WIB.

Pada laga selanjutnya, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Australia di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024) malam WIB. Di sisi lain, Timnas Qatar U-23 meladeni Yordania di Jassim bin Hamad Stadium.

 

5 dari 5 halaman

Hasil dan Klasemen Grup A

Senin, 15 April 2024

  • Timnas Qatar U-23 2-0 Timnas Indonesia U-23
  • Timnas Australia U-23 0-0 Timnas Yordania U-23

Klasemen Grup A

Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Timnas Qatar U-23  1  1  0  0  2-0  3
2  Timnas Australia U-23  1  0  1  0  0-0  1
3  Timnas Yordania U-23  1  0  1  0  0-0  1
4  Timnas Indonesia U-23  1  0   0  1  0-2  0

Video Populer

Foto Populer