Sukses


PSSI Minta AFC Sanksi Nasrullo Kabirov yang Mengerjai Timnas Indonesia U-23: Sangat Mengkhawatirkan Jika Masih Memimpin Piala Asia U-23

Bola.com, Doha - PSSI meminta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk memberikan sanksi kepada wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, karena mengerjai Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Keputusan Nasrullo Kabirov beberapa kali merugikan Timnas Indonesia U-23 ketika kalah 0-2 dari Timnas Qatar U-23 dalam partai pertama Grup A Piala Asia U-23 di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Senin (15/4/2024).

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menuduh Nasrullo Kabirov tidak profesional karena kepemimpinannya yang berat sebelah dan condong menguntungkan tuan rumah.

"Wasit yang menjalankan tugas itu adalah wasit yang tidak profesional, tidak bisa bertugas dengan baik, dan kecenderungan mencolok ke Qatar U-23," ujar Sumardji.

2 dari 5 halaman

Protes ke AFC

PSSI juga sudah melayangkan surat protes kepada AFC terkait kinerja Nasrullo Kabirov yang membuat Timnas Indonesia pincang sehingga takluk dari Qatar U-23.

Nasrullo Kabirov memberikan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah kepada Ivar Jenner pada menit ke-46, padahal dari tayangan ulang, gelandang berusia 20 tahun itu tidak melakukan pelanggaran keras terhadap bek Qatar U-23, Saifeldeen Hassan Fadlalla.

"Ini preseden buruk untuk AFC jika dibiarkan. Kami sudah mengajukan protes keras kepada AFC agar wasit diberikan sanksi," imbuh Sumardji.

3 dari 5 halaman

Curiga Integritas Wasit

Selain itu, Sumardji juga curiga terhadap integritas Nasrullo Kabirov dalam memimpin pertandingan, termasuk menyoroti penalti yang diberikan kepada Qatar U-23 di pengujung babak pertama.

"Ada beberapa keputusan kontroversial yang kecenderungannya dibuat mengada-ada, sepertinya sudah ada pesan sponsor. Pesannya penalti dan kartu merah," ucap Sumardji.

"Ini sangat-sangat mengkhawatirkan kalau orang seperti ini masih diberikan kepercayaan AFC untuk memimpin turnamen sebesar ini. Ini sangat mengecewakan, betul-betul merugikan Timnas Indonesia U-23," terang Sumardji.

4 dari 5 halaman

23 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024

Kiper: Ernando Ari, Adi Satryo, Daffa Fasya

Bek: Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Rio Fahmi, Pratama Arhan, Bagas Kaffa

Gelandang: Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Ikhsan Nul Zikrak, Rayhan Hannan, Marselino Ferdinan, Dony Tri Pamungkas, Jeam Kelly Sroyer, Witan Sulaeman, Fajar Fathur Rahman

Penyerang: Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Grup A Piala Asia U-23 2024

15 April 2024

Timnas Qatar U-23 2-0 Timnas Indonesia U-23

18 April 2024

Timnas Indonesia U-23 Vs Timnas Australia U-23

Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha

Kick-off 20.00 WIB

21 April 2024

Timnas Yordania U-23 Vs Timnas Indonesia U-23

Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha

Kick-off 22.30 WIB

Video Populer

Foto Populer