Sukses


PSM dan PSS Susul Persija Kena Banned 3 Periode Transfer dari FIFA

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan PSS Sleman menyusul Persija Jakarta mendapatkan hukuman dari FIFA berupa larangan mendaftarkan pemain untuk tiga periode.

Melalui lamannya, FIFA memperbarui "Larangan Pendaftaran yang Sedang Aktif" per Senin (15/4/2024). PSM dan PSS Sleman menjadi klub Indonesia keenam dan ketujuh yang menerima sanksi itu.

Sebelumnya, selain Persija, FIFA lebih dulu mem-banned Persiraja Banda Aceh, Sada Sumut, Persikab Kabupaten Bandung, dan Persiwa Wamena.

Hukuman dari PSM Makassar telah berlaku sejak 12 April 2024. Sementara PSS, mulai 9 April 2024. Kecuali Persiwa, enam klub Indonesia lainnya disanksi tiga periode pendaftaran transfer.

2 dari 4 halaman

Bermasalah Gaji Pemain

PSM Makassar dan PSS belum buka suara mengenai banned dari FIFA. Untuk Persija, pada beberapa waktu lalu, tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut berjanji untuk membereskan masalah ini.

Belakangan, PSM kerap bermasalahan terhadap pembayaran gaji pemain. Bahkan, Bernardo Tavares selaku pelatih pernah melelang koleksi pribadinya demi menalangi upah Kenzo Nambu dkk.

Dalam situsnya, FIFA tidak mengungkap kasus apa yang membuat kelima klub itu, termasuk Persija Jakarta, yang tidak diperbolehkan mendaftarkan pemain dalam berbagai kesempatan.

Namun, berdasarkan penjelasan Peraturan Status dan Transfer Pemain atau Kode Disiplin FIFA, kasus transfer dijatuhkan kepada tim akibat beberapa penyebab, antara lain.

3 dari 4 halaman

4 Alasan

1. Kewajiban pembayaran yang jatuh tempo

2. Pemutusan kontrak tanpa alasan yang sah

3. Pemutusan kontrak sepihak atas dasar pemain hamil atau menjadi hamil

4. Kegagalan membayar jumlah yang relevan tepat waktu

"Larangan pendaftaran akan berlaku baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan kata lain, larangan akan memengaruhi setiap pendaftaran yang berasal dari transfer domestik maupun internasional," tulis pemberitahuan FIFA kepada anggota asosiasinya pada April 2023.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer