Sukses


BRI Liga 1: Perasaan Ricky Kambuaya Campur Aduk Setelah Bikin Persebaya Babak Belur

Bola.com, Surabaya - Ricky Kambuaya memberi luka untuk Persebaya Surabaya. Gelandang Dewa United itu jadi aktor penting dalam kemenangan timnya dalam laga menghadapi sang mantan klub.

Dewa United sukses mempermalukan Persebaya Surabaya dengan skor 3-0 dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (16/4/2024).

Tiga pencetak gol di laga ini adalah Ricky Kambuaya (40'), Ahmad Nufiandani (69'), dan Alex Martins (72'). Kambuaya tak cuma membobok gawang mantan timnya, tapi juga menyumbang assist untuk gok Alex Martins.

Usai mencetak gol, Kambuaya memutuskan untuk tidak melakukan selebrasi guna menghormati mantan klubnya. Assist yang dibukukannya juga semakin memperlihatkan kualitasnya di hadapan Persebaya.

Assist itu tercipta setelah Kambuaya melakukan akselerasi individu melewati beberapa pemain Persebaya Surabaya. Tinggal berhadapan dengan Andhika Ramadhani, Kambuaya tidak egois. Dia memilih mengirimkan umpan ke Alex Martins dan kemudian berbuah gol.

2 dari 4 halaman

Man of The Match

Berkat penampilan menawannya itu, Kambuaya pun dinobatkan sebagai Man of the Match. Dia mengaku senang bisa membantu timnya merengkuh tiga poin di kandang Persebaya.

"Saya sebelumnya main di Persebaya. Ini pertandingan yang luar biasa. Lawan Persebaya sangat susah. Tapi saya senang bersama tim ini dan mendapatkan tiga poin," ujar Ricky Kambuaya selepas laga.

Sosok satu ini jadi fenomenal karena direkrut Persebaya pada 2020 saat belum banyak dikenal secara luas. Ricky Kambuaya lantas jadi gelandang andalan di Liga 1 2021/2022 hingga jadi andalan Timnas Indonesia sampai sekarang.

3 dari 4 halaman

Andalan Dewa United

Sayangnya, Ricky Kambuaya tidak bertahan bersama Persebaya. Sempat membela Persib Bandung pada 2022/2023, Ricky Kambuaya kini jadi gelandang andalan Dewa United sejak awal musim ini.

Dengan latar belakang itu, apakah Kambuaya memang punya motivasi kuat menjebol gawang mantan klubnya?

"Saya tidak memiliki motivasi khusus di pertandingan ini. Kami cuma memikirkan peluang lolos ke empat besar. Bagi saya itu jauh lebih penting," ungkap gelandang berusia 27 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

4 Besar

Tambahan tiga poin membuat posisi Dewa United merangsek ke papan atas. Kini mereka menempati posisi keempat dengan koleksi 47 poin dari 31 pertandingan.

Itu membuat peluang Dewa United lolos ke babak championship series makin terbuka lebar.

Sedangkan Persebaya tetap di posisi ke-10 dengan 39 poin. Tim Bajul Ijo masih belum aman dari ancaman degradasi.

Video Populer

Foto Populer