Sukses


Persaingan Papan Bawah BRI Liga 1: Arema FC Bisa Lolos dari Lubang Jarum?

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 menyisakan tiga pekan pertandingan lagi. Persaingan di papan bawah masih sangat sengit, di mana baru satu tim yang sudah dipastikan terdegradasi, yaitu Persikabo 1973. Sementara Bhayangkara FC dan Arema FC masih berjuang untuk bisa lolos dari lubang jarum.

Jika melihat kans yang dimiliki oleh Bhayangkara FC dan Arema FC untuk bisa bertahan di Liga 1, boleh dibilang Singo Edan masih punya peluang yang lumayan besar.

Catatannya, Arema FC harus memenangi tiga laga tersisa di BRI Liga 1 2023/2024 dan Persita Tangerang yang ada di atasnya terpeleset dalam satu kesempatan.

Maklum Arema FC dan Persita Tangerang saat ini hanya terpaut satu poin saja. Namun, bukan perkara mudah juga bagi Arema FC untuk menyapu bersih poin dalam tiga pertandingan tersisa. Tiga laga yang harus dijalani Arema FC terbilang berat.

Arema FC masih harus menjalani laga kontra Borneo FC dan Madura United yang kali ini berada di papan atas klasemen BRI Liga 1. Sementara satu laga lain adalah menghadapi PSM Makassar yang berstatus juara bertahan musim lalu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bangkitkan Semangat Juang

Jika melihat performa Arema FC pada musim ini, butuh kerja ekstra keras untuk bisa melewati tiga pertandingan itu sambil mengharapkan kemenangan.

Singo Edan baru saja mengalami tiga kekalahan beruntun, jelas modal yang buruk bagi tim kesayangan Aremania itu.

Pelatih Arema FC, Widodo C Putro, menyadari perlunya membangkitkan semangat juang anak buahnya. Ia tidak mau Ahmad Alfarizi dkk. menyerah sebelum kommpetisi beakhir karena masih ada kesempatan untuk bertahan di Liga 1.

"Kami berharap pemain jangan patah semangat. Harus berjuang sampai akhir. Harus ada semangat dalam diri masing-masing," ujar Widodo.

3 dari 5 halaman

Sulit, tapi Tidak Mustahil

Bicara di atas kertas, Arema FC terbilang sulit untuk bisa menyapu bersih semua laga tersisa dengan kemenangan. Dari segi mental bertanding dan materi pemain, lawan Arema FC lebih matang.

Namun, ada satu celah yang bisa dimanfaatkan oleh Arema FC. Ketiga tim tersebut bisa saja lengah stelah memiliki posisi yang aman di klasemen BRI Liga 1.

Borneo FC sudah memastikan diri menjadi pemuncak klasemen regular series BRI Liga 1 2023/2024. Kemudian PSM Makassar aman di papan tengah. Hanya Madura United yang masih bersaing untuk bisa finis di empat besar dan lolos ke championship series.

Jadi untuk bisa lepas dari lubang jarum, Arema FC harus memenangi laga terdekat melawan Borneo FC yang digelar pada Minggu (21/4/2024). Laga ini bisa meningkatkan mentalitas Arema FC untuk menjalani dua laga terakhir.

4 dari 5 halaman

Bhayangkara FC Pesta Gol, tapi Masih Bisa Terdegradasi

 

Jika Arema FC harus memenangi tiga laga tersisa, bagaimana dengan Bhayangkara FC? Tim berjulukan The Guardians ini baru saja membuat kejutan pada pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024.

Bhayangkara FC menang telak 7-0 atas Persik Kediri. Ini menjadi kemenangan terbesar di BRI Liga 1 2023/2024.

Namun, posisi Bhayangkara FC tetap tidak aman meski baru saja berpesta gol. Pekan depan, mereka bisa saja terdegradasi karena memiliki selisih poin yang lumayan jauh dari Persita, yaitu 9 poin.

Artinya, Bhayangkara FC tidak cukup hanya memenangi tiga laga tersisa, tetapi juga tergantung kepada hasil pertandingan yang dijalani Persita.

Jika Pendekar Cisadane berhasil meraih hasil imbang pada pekan ke-32, Bhayangkara FC yang masih akan menghadapi Bali United, Barito Putera, dan Persis Solo, dipastikan terdegradasi.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer