Sukses


Kabar Pemain Indonesia di Thai League 1: Asnawi Mangkualam di Papan Atas, Yanto Basna Berjuang Zona Degradasi

Bola.com, Jakarta - Tidak sedikit pesepakbola Indonesia yang kini meniti karier di luar negeri. Dua pemain di antaranya memperkuat tim di Thai League 1 musim 2023/2024.

Keduanya yakni duo bek, Asnawi Mangkualam dan Yanto Basna. Asnawi membela Port FC. Sementara itu Yanto menjadi bagian dari PT Prachuap FC di kompetisi teratas Liga Thailand.

Tahun ini menjadi musim perdana Asnawi Mangkualam berkarier di Thailand. Bek berusia 24 tahun itu direkrut Port FC pada 26 Januari 2024. Sebelumnya, dia bermain di Liga Korea Selatan bersama Jeonnam Dragons.

Begitu pula dengan Yanto Basna. Pemain berusia 28 tahun itu bergabung Prachuap FC pada awal tahun ini.

Yanto sebelumnya pernah membela klub berjuluk The Killer Wasp tersebut pada medio 2020/2021. Namun, saat itu kariernya tak berjalan mulus karena dihantam cedera.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berbeda Nasib

Sama-sama mencoba peruntungan di Liga Thailand pada awal tahun ini, namun keduanya menuai nasib berbeda.

Klub yang dibela Asnawi kini tengah bersaing ketat di papan atas Thai League 1, sedangkan klub Yanto masih berjuang keras untuk lepas dari jurang degradasi.

Port FC saat ini menempati urutan ketiga klasemen dengan torehan 46 poin. Klub yang dijuluki Port Lions itu mencatat 13 kemenangan, tujuh imbang, dan empat kalah dari 24 pertandingan.

Adapun Prachuap FC berada tepat di batas zona degradasi atau peringkat 14 klasemen sementara dengan 23 angka. Hasil dari lima menang, delapan seri, dan 11 kekalahan dari 24 laga yang telah dijalani.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Asnawi Main 8 Kali

Di Thai League 1 2023/2024, Asnawi Mangkualam sudah tampil dalam delapan pertandingan. Tiga laga di antaranya sebagai starter. Secara keseluruhan, bek berpostur 174 cm itu mencatat 270 menit bermain.

Pada laga terakhir, Asnawi Mangkualam menjadi pemain pengganti saat Port FC ditahan Bangkok United 2-2 dalam pekan ke-24 di Thammasat Stadium, Pathum Thani, Minggu (7/4/2024). Dia masuk pada menit ke-79, menggantikan Suphanan Bureerat.

Selanjutnya, Port Lions akan menjamu Chiangrai United pada pekan ke-25. Menurut jadwal, pertandingan ini berlangsung di PAT Stadium, Jumat (19/4/2024) malam WIB. Laga tersebut penting untuk dimenangkan demi menjaga peluang juara Thai League 1 musim ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Yanto Basna Minim Menit Bermain

Lantas, bagaimana dengan Yanto Basna? Mantan pemain Persib Bandung itu masih minim menit bermain bersama The Killer Wasp. Yanto Basna sejauh ini baru mengepak sekali penampilan.

Sejak didatangkan, pemain berpostur 183 cm itu baru muncul dalam daftar susunan pemain pada laga pekan ke-22. Itupun hanya menghangatkan bangku cadangan.

Bek kelahiran Sorong, Papua Barat itu kemudian melakoni debutnya saat timnya keok 0-1 kontra Buriram United dalam pekan ke-24 di Chang Arena, Sabtu (6/4/2024). Yanto Basna masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-67.

Video Populer

Foto Populer