Sukses


Utak-atik Peluang Timnas Indonesia U-23 ke 8 Besar Piala Asia U-23 2024: Enggak Boleh Kalah dari Yordania

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Namun, tim asuhan Shin Tae-yong itu juga bisa terpeleset dan pulang lebih cepat. Lalu harus bagaimana Tim Garuda Muda di laga terakhirnya?

Timnas Indonesia U-23 saat ini berada di posisi kedua dengan tiga poin dari dua laga yang sudah dimainkan. Tim Garuda Muda kalah 0-2 dari Qatar pada laga pertama dan menang 1-0 atas Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

Kemenangan atas Australia berkat gol tunggal Komang Teguh memang membuka peluang Tim Garuda Muda untuk bisa melangkah ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Peluang lolos itu hanya bisa didapatkan oleh Timnas Indonesia U-23 dengan menempati peringkat kedua dalam klasemen Grup A. Maklum Qatar sudah dipastikan menjadi juara Grup A dengan dua kemenangan yang mereka raih.

Bahkan jika Timnas Indonesia U-23 bisa meraih kemenangan di laga terakhir dan Qatar kalah pun, Tim Garuda Muda tetap akan ada di peringkat kedua karena kalah head to head.

Namun, bagaimana sebenarnya kans Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke perempat final? Bagaimana skenario yang akan melengangkan tim asuhan Shin Tae-yong itu atau justru menghentikannya di laga terakhir? Berikut ulasannya:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menang Sudah Pasti Lolos Jadi Runner-up

Timnas Indonesia U-23 jelas ingin mengakhiri fase grup Piala Asia U-23 2024 dengan kemenangan atas Yordania. Apalagi lawan terakhir Tim Garuda Muda itu juga belum berhasil meraih kemenangan.

Yordania mengawali kiprah di Piala Asia U-23 2024 dengan hasil imbang tanpa gol melawan Australia. Namun, mereka harus kalah 1-2 dari Qatar pada laga keduanya.

Hasil yang diraih Yordania itu membuat Timnas Indonesia U-23 punya kans untuk memenangkan pertandingan. Dengan enam poin di tangan, Tim Garuda Muda tidak akan bisa lagi tergeser dari peringkat kedua meski Australia mampu menang atas Qatar.

3 dari 4 halaman

Bermain Imbang pun Cukup untuk Lolos

Lantas bagaimana jika Timnas Indonesia U-23 hanya mampu bermain imbang melawan Yordania dalam laga terakhirnya di Grup A Piala Asia U-23 2024?

Hasil imbang akan membuat Timnas Indonesia U-23 mengoleksi empat poin dari tiga laga. Sementara Yordania akan punya dua poin.

Perolehan empat poin yang dimiliki Timnas Indonesia U-23 berpotensi disamakan oleh Australia U-23 andai tim berjulukan Olyroos itu menang atas Qatar. Namun, Tim Garuda Muda akan tetap ada di atas Australia dengan aturan head to head.

4 dari 4 halaman

Kalah, ya Pulang

Satu-satunya hasil yang wajib dihindari oleh Timnas Indonesia U-23. Jika punya peluang lolos lewat kemenangan atau hasil imbang, akan sangat menyakitkan untuk Timnas Indonesia U-23 gagal lolos karena kalah dari Yordania.

Semangat juang Yordania yang masih punya peluang untuk lolos sebagai runner-up grup adalah sesuatu yang wajib untuk diantisipasi tim asuhan Shin Tae-yong.

Jika Yordania yang menang, maka mereka akan punya empat poin, sementara Timnas Indonesia U-23 akan tergeser dari posisi kedua karena hanya memiliki tiga poin. Jadi andai Tim Garuda Muda kalah, maka Rizky Ridho dkk. akan pulang lebih cepat.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer