Sukses


Pengamat Bola Malaysia Puji Habis Timnas Indonesia U-23 saat Pukul Australia: Levelnya Naik

Bola.com, Jakarta Penampilan apik Timnas Indonesia U-23 menjinakkan Australia U-23 dengan skor 1-0 pada laga kedua penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar dapat pujian tinggi dari Raja Isa Raja Akram Shah.

Di mata pengamat asal Malaysia itu pasukan Shin Tae-yong nyaris tampil tanpa cela.

"Semua modal dimiliki Indonesia, baik secara fisik, mental, dan taktikal. Ada kesalahan kecil, tapi itu wajar. Tapi keseluruhan saya melihat penampilan Indonesia hampir sempurna," katanya.

Sosok yang lama berkiprah di klub-klub Indonesia itu menilai Timnas Indonesia U-23 tak grogi menghadapi Australia yang jelas diunggulkan di laga ini.

"Indonesia sejak menit awal lakukan pressing ketat agar bisa mencetak gol lebih dulu. Ini taktik sangat bagus yang diterapkan Shin Tae-yong. Mental pemain Indonesia makin kuat setelah Ernando Ari berhasil menggagalkan penalti Australia," ujarnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

On Fire

Raja Isa menyebut Ernando Ari sebagai Superman yang on fire.

"Keberhasilan Ernando itu membuat kepercayaan diri pemain Indonesia tambah besar. Sebaliknya pemain Australia makin tertekan dan emosional di lapangan. Mereka makin bernafsu dan terburu-buru dalam finishing," tuturnya.

Mantan pelatih Persipura itu juga menyatakan adanya beberapa pemain yang pernah tampil di Timnas Senior pada Piala Asia lalu dan kualifikasi Piala Dunia 2026 jadi nilai plus.

"Itu juga bukti program PSSI dan Shin Tae-yong berjalan baik. Adanya pemain muda di Timnas senior ternyata membuat Timnas U-23 punya mental kuat. Karena mereka punya pengalaman bermain di level tinggi," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Tinggal Butuh 1 Poin

Timnas Indonesia U-23 tinggal membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024 Qatar. Kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih tim berjulukan Garuda Muda itu diperpanjang dong?

PSSI memang memberikan dua syarat kepada Shin Tae-yong jika ingin tetap bertahan menangani Timnas Indonesia U-23 dan timnas senior. Pertama, lolos ke babak gugur Piala Asia 2023 Qatar.

Shin Tae-yong telah mewujudkan target itu ketika membawa timnas senior melaju ke 16 besar Piala Asia 2023 meski kalah 0-4 dari Timnas Australia dan tersingkir.

Kedua, Shin Tae-yong harus mengantar Timnas Indonesia U-23 ke perempat final Piala Asia U-23. Situasinya saat ini Garuda Muda tinggal selangkah lagi untuk mencapai babak itu.

4 dari 4 halaman

Posisi Kedua

Dalam klasemen sementara Grup A Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 menduduki posisi kedua dengan tiga poin dari dua laga. Garuda Muda unggul dua angka dari Yordania U-23 di ranking ketiga dan Timnas Australia U-23 di urutan keempat.

Di sisa satu pertandingan Grup A Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 cuma perlu satu angka ketika melawan Yordania U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Minggu (21/4/2024).

"Itu kan suatu komitmen yang sudah kami sepakatkan bersama-sama bahwa ada target-target untuk coach Shin Tae-yong sebagai profesional dan dari saya sebagai profesional juga mempunyai kesepakatan," ujar Ketua PSSI, Erick Thohir, dalam HUT ke-94 PSSI di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

Video Populer

Foto Populer