Sukses


5 Fakta Menarik Persib Gasak Persebaya: Hattrick David da Silva Menghantui Mantan

Bola.com, Surabaya - Persib Bandung sukses menggasak Persebaya Surabaya pada pekan ke-32 BRI Liga 1 2023/2024. Maung Bandung menang 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (20/4/2024).

Tiga gol Persib Bandung diborong oleh David da Silva yang mencetak hattrick (43’, 67’, 87’). Sedangkan satu gol balasan Persebaya merupakan hasil tendangan bebas bek Dusan Stevanovic di menit ke-57.

Laga ini menunjukkan kualitas Persib sebagai tim papan atas. Mereka mampu tampil agresif sepanjang laga. Apalagi, tuan rumah unggul jumlah pemain setelah gelandang tim tamu, Andre Oktaviansyah, menerima kartu merah pada menit ke-52.

Persib masih kukuh di posisi kedua klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 59 poin. Mereka sudah memastikan menembus championship series. Namun, kini tetap menargetkan finis posisi kedua klasemen akhir.

Sedangkan Persebaya masih belum mengamankan posisi dari ancaman degradasi. Bajul Ijo berpotensi turun peringkat karena kini masih mengoleksi 39 angka.

Sedangkan Arema yang ada di posisi ke-16 memiliki 31 poin dan secara matematika masih bisa lebih unggul dengan tiga laga tersisa.

Duel panas Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya ini melahirkan sejumlah fakta menarik. Simak ulasan Bola.com berikut ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

David da Silva Hattrick

Seperti telah disebutkan, David da Silva mencetak hattrick dalam pertandingan ini. Itu merupakan hattrick kedua yang dicetaknya musim ini setelah sebelumnya juga mencetak tiga gol ke gawang Persita Tangerang (1/10/2023).

Kali ini, David da Silva mencetak hattrick ke gawang Persebaya yang merupakan mantan klubnya. Apa yang dicatatkan ini memperpanjang rekor selalu menjebol gawang Bajul Ijo dalam lima pertemuan beruntun di Liga 1 sejak musim 2021/2022.

Tambahan tiga gol membuat David da Silva mantap di puncak daftar pencetak gol BRI Liga 1 musim ini dengan 25 gol. Selain itu, striker asal Brasil itu juga kini tercatat telah mencetak 91 gol dalam sejarah Liga 1 dan jadi yang terbanyak di antara pemain lain.

3 dari 7 halaman

10 Laga Tak Terkalahkan

Persib Bandung sempat harus puas dengan hasil imbang satu poin dalam dua pertandingan sebelumnya. Tapi, situasinya kali berubah karena mereka akhirnya kembali ke jalur kemenangan.

Maung Bandung bahkan tercatat sudah tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir. Rinciannya, mereka membukukan masing-masing lima menang dan seri.

Ini jadi rekor tak terkalahkan terpanjang yang sedang berlangsung di Liga 1 saat ini. Sebelumnya ada Borneo FC yang tak terkalahkan dalam 19 laga beruntun, tapi pekan lalu kalah 0-4 dari Madura United.

4 dari 7 halaman

Dominasi Persib

Persib Bandung semakin menunjukkan dominasinya atas Persebaya dengan meraih kemenangan ini. Maung Bandung tercatat tidak terkalahkan dari Bajul Ijo dalam lima pertemuan terakhir di Liga 1.

Rinciannya adalah Marc Klok dkk. tiga menang dan dua seri. Menariknya, tak pernah ada tim yang clean sheet dalam lima laga itu. Artinya, kedua tim sama-sama agresif mencetak gol, dan Persib tetap mendominasi Persebaya.

 

5 dari 7 halaman

Persebaya Kartu Merah Terbanyak

Kartu merah yang diterima Andre Oktaviansyah menambah daftar panjang bagi Persebaya. Tim Bajul Ijo tercatat sebagai tim dengan penerima kartu merah terbanyak di BRI Liga 1 2023/2024).

Total, sudah ada tujuh kartu merah yang diterima Persebaya dalam 31 pertandingan musim ini. Dua bek sayap, yakni Catur Pamungkas dan Reva Adi Utama, masing-masing dua kali menerima kartu merah.

Sedangkan dua lainnya adalah hukuman usiran yang diberikan kepada striker asing Paulo Henrique dan Ripal Wahyudi.

6 dari 7 halaman

Paulo Henrique Mandul

Problem produktivitas masih menghantui Persebaya. Mereka masih jadi tim dengan catatan memasukkan terendah, yakni hanya mencetak 31 gol dalam 32 pertandingan.

Rata-rata, mereka bahkan tak sampai mencetak satu gol per laga.

Sialnya, striker Paulo Henrique juga sedang seret mencetak gol. Dia sudah absen membobol gawang lawan dalam enam penampilan terakhir di Liga 1.

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer