Sukses


BRI Liga 1: Ditekuk Persib, Persebaya Tetap Aman dari Ancaman Degradasi

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sebenarnya sedang terpuruk dengan menelan dua kekalahan beruntun di BRI Liga 1 2023/2024. Terbaru, mereka kalah 1-3 saat bertandang ke markas Persib Bandung, Sabtu (20/4/2024).

Namun, kekalahan itu rupanya tetap membuat Persebaya Surabaya aman dari ancaman degradasi. Ya, Persebaya sebenarnya masih mengoleksi 39 poin dari 32 laga. Lantas, bagaimana perhitungannya?

Hal ini tidak lepas dari hasil pertandingan lain di pekan ke-32. Bhayangkara FC menelan kekalahan 1-2 saat melawat ke markas Bali United. Kekalahan itu secara otomatis membuat The Guardians terdegradasi.

Penyebabnya, Bhayangkara FC masih hanya mengoleksi 23 angka dari 32 pertandingan. Mereka sudah tidak mungkin mengejar Persita Tangerang yang ada di peringkat ke-15 atau posisi terbawah zona aman dengan 33 angka.

Bhayangkara FC kini hanya menyisakan dua pertandingan. Artinya, poin maksimal yang mereka dapat hanya 29 angka. Itu pun dengan catatan mereka mampu memenangi dua laga terakhir.

Situasi ini membuat dua tim sudah memastikan terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Bhayangkara FC menyusul Persikabo 1973 yang masih betah di dasar klasemen dengan 20 poin. Lantas bagaimana Persebaya Surabaya sudah lolos dari jerat degradasi?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Antara Arema FC atau Persita yang Terdegradasi

Kini, tersisa satu tim saja yang akan terdegradasi. Posisi ke-16 atau slot terakhir zona merah masih dihuni oleh Arema FC dengan mengoleksi 31 poin dari 31 laga.

Singo Edan juga baru akan melakoni laga pekan ke-32 melawan Borneo FC, Minggu (21/4/2024). Dari itu sebenarnya terlihat bahwa Singo Edan masih berpotensi meraih 40 poin jika memenangi tiga laga tersisa.

Artinya, Arema masih berpotensi mengungguli Persebaya. Kalaupun itu terjadi, Singo Edan meraih 40 poin klasemen akhir, Bajul Ijo tak perlu khawatir. Jadi, bagaimana hitungan Persebaya Surabaya sudah memastikan diri aman dari degradasi?

3 dari 4 halaman

Sudah Unggul Head to Head atas Persita

 

Kepastian ini tidak lepas dari hasil seri 1-1 yang didapat Persita Tangerang saat bertandang ke markas Persik Kediri, Sabtu. Persita kini menduduki posisi ke-15 dengan 33 poin.

Dengan demikian, Persita maksimal meraih 39 poin, jika selalu menang di dua laga sisa, sama dengan poin Persebaya saat ini. Sebagai catatan, Persebaya Surabaya unggul head-to-head atas Persita, maupun tim-tim lain yang peringkatnya di bawah.

Pada pertemuan pertama, Persebaya sukses menang 1-0 atas Persita (12/8/2023). Sedangkan pertemuan putaran kedua menunjukkan Persita ditahan imbang 1-1 saat menjamu Persebaya (23/2/2024).

Jadi, kalaupun Persebaya dan Persita nanti memiliki jumlah poin yang sama di klasemen akhir, maka Persita yang akan turun kasta ke Liga 2.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer