Sukses


Utak-Atik Persaingan Lolos Degradasi BRI Liga 1: Setelah Persikabo dan Bhayangkara, Siapa Menyusul?

Bola.com, Jakarta Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 menyisakan dua pekan saja. Persaingan untuk lepas dari zona degradasi semakin ketat karena Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC saja yang dipastikan turun kasta.

Ada empat tim yang harus bersaing untuk tetap bertahan di BRI Liga 1. Secara berurutan mulai posisi ke-13, mereka adalah PSS Sleman, RANS Nusantara, Arema FC, dan Persita Tangerang.

Bagi tim yang saat ini di zona aman, Persita jadi acuan mereka untuk bisa lolos. Sebab, tim berjulukan Pendekar Cisadane kini menduduki posisi ke-16 atau posisi teratas di zona merah dengan 31 poin.

Lantas, bagaimana peluang empat tim itu untuk lepas dari jerat degradasi? Bola.com merangkum hitung-hitungan empat tim itu untuk menghindari ancaman turun kasta. Simak ulasannya:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

PSS Sleman

Tim berjulukan Super Elang Jawa ini berada di posisi ke-13 dengan 35 angka. Mereka punya selisih dua poin saja dengan Persita. Artinya, sebenarnya peluang untuk bertahan cukup mudah.

Syaratnya, PSS cuma perlu menambah empat poin lagi atau meraih satu menang dan satu seri di dua laga terakhir. Dengan begitu, mereka akan mengoleksi 39 angka, yang mana itu akan sama dengan poin maksimal Persita.

Atau, PSS harus memenangi dua laga yang nantinya mengoleksi 41 poin. Sayangnya, dua laga tersisa berjalan tidak mudah karena PSS harus berjumpa tim papan atas, yakni melawan Persik Kediri dan Persib Bandung.

PSS boleh saja selalu menelan kekalahan dalam tiga laga itu, tapi catatan lainnya adalah Persita juga harus selalu kalah. Skenario ini tentu saja sangat berisiko.

 

3 dari 5 halaman

RANS Nusantara

Jumlah poin RANS saat ini sama dengan PSS Sleman, yakni 35 poin. Namun, RANS Nusantara harus puas di posisi ke-14 karena kalah head-to-head dengan PSS Sleman.

Situasinya terkesan sama dengan PSS, RANS harus bisa mengunguli jumlah poin Persita. Caranya tentu memenangi dua laga terakhir, kalau Persita nantinya mendapat poin maksimal 39.

Lagi-lagi, dua pertandingan yang akan dilakoni RANS terhitung berat karena menghadapi tim papan tengah, yakni Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

 

4 dari 5 halaman

Arema FC

Tim Singo Edan akhirnya bisa mentas dari zona merah. Mereka kini berada di posisi ke-15 dengan 34 poin. Posisi mereka untuk sementara aman, tapi masih berisiko turun peringkat lagi jika menelan kekalahan.

Arema akan mengoleksi 40 poin maksimal. Dengan begitu, mereka sudah tidak mungkin diungguli oleh Persita. Mereka akan berjumpa tim-tim dengan posisi lebih tinggi, Madura United dan PSM Makassar.

Mereka bisa saja selalu menelan kekalahan dalam dua laga terakhir, tapi syaratnya Persita juga tidak mendapat poin dalam dua laga. Skema ini sangat berisiko sehingga Arema tetap harus berjuang memenangkan dua pertandingan.

 

5 dari 5 halaman

Persita Tangerang

Tim satu ini ada di posisi teratas zona degradasi alias peringkat ke-16 klasemen sementara. Persita Tangerang juga baru mengoleksi 33 poin, atau hanya terpaut satu angka saja dengan Arema persis di atasnya.

Untuk mengamankan posisi, Persita wajib memenangi dua pertandingan terakhir melawan Persis Solo dan Bali United. Dengan begitu, mereka akan mengoleksi poin maksimal 39 angka.

Tapi, masalahnya raihan 39 angka tidak cukup. Mereka harus bergantung hasil tiga tim di atasnya. Yang paling dekat adalah Arema. Persita perlu berharap satu dari dua lawan Singo Edan menenangani pertandingan.     

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer