Sukses


Jejak Emas Shin Tae-yong Sejak Menangani Timnas Indonesia dari 2020: Pondasi Sudah Kuat, Karakter Melekat, Tinggal Trofi Diangkat

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong kembali menunjukkan tajinya. Tak cuma di level senior, tuah pelatih asal Korea Selatan ini juga tertular di Timnas Indonesia U-23.

Namun ada satu yang mengganjal: belum ada hitam di atas putih, berisikan kontrak baru untuk Shin Tae-yong dengan jabatan pelatih Timnas Indonesia.

Kontrak Shin Tae-yong sedianya akan habis pada Juni 2024. Sebelumnya, belum ada tanda-tanda bahwa PSSI bakal memberikan STY kontrak baru.

Belakangan dilaporkan kalau Shin Tae-yong bisa menerima kontrak baru dengan syarat khusus. Pertama, Timnas Indonesia minimal lolos 16 besar Piala Asia 2023, sedangkan tim U-23 lolos delapan besar atau perempat final Piala Asia U-23 2024.

Menariknya, dua syarat tersebut mampu ditunaikan oleh Shin Tae-yong. Ia tampaknya bakal lebih lama menangani Timnas Indonesia. Ketua PSSI, Erick Thohir, juga memberikan kode bahwa arsitek asal Korea Selatan itu akan 'stay'.

Banyak catatan impresif sudah diraih Timnas Indonesia di bawah kendali Shin Tae-yong. Dengan sisa kontrak sampai Juni 2024, akankah PSSI menghadiahkan coach Shin dengan gaji dan kontrak baru?

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Sejarah di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 baru saja memastikan tiket ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Ini jadi sejarah tersendiri karena Garuda Muda berstatus debutan.

Dua kemenangan mampu diraih Marselino Ferdinan dkk., seakan membayar tuntas kekecewaan mendalam setelah kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar pada matchday 2 Piala Asia U-23 2024.

Sejarah berikutnya sudah di depan mata. Jika berhasil menembus final Piala Asia U-23, maka Timnas Indonesia U-23 akan lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

3 dari 6 halaman

Push Rank

Di level senior, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia melesat dari ranking 173 FIFA ke posisi 134. Itu artinya, 39 posisi dilewati Merah Putih sejak 2019-2020.

Untuk Piala AFF memang belum biasa juara, tetapi penampilan pada edisi 2020 menunjukkan bahwa sudah ada pondasi meyakinkan untuk keberlangsungan Timnas Indonesia pada masa-masa mendatang.

Kemudian, untuk kali pertama, Timnas Indonesia berhasil dibawanya lolos ke 16 besar Piala Asia. Itu dilakukannya pada Piala Asia 2023.

Mimpi masih terjaga buat pencinta Timnas Indonesia untuk melihat Ernando Ari dkk. melaju mulus pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

4 dari 6 halaman

Level Junior Tak Kalah Mewah

Shin Tae-yong sukses meloloskan Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023. Sebelumnya, medali perungggu SEA Games 2021 juga direngkuhnya.

Jangan lupakan pula bahwa pada Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia melaju hingga final, meski kandas dan harus puas dengan status runner-up.

Teranyar, lolos ke Piala Asia U-23 2024, dan bahkan lolos ke fase gugur pada debut Timnas Indonesia U-23. Sejarah terus ditorehkan Shin Tae-yong.

 

5 dari 6 halaman

Stay With Us?

Dalam sebuah unggahan terbarunya, tampak Erick Thohir memberikan selamat kepada Shin Tae-yong dan seluruh pemain serta staf Timnas Indonesia U-23 selepas laga melawan Yordania.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan 4-1 dan memastikan tiket ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Tentu saja suasana ruang ganti dalam kondisi positif.

Kemudian Erick Thohir mengatakan, "So, coach stay with us?" katanya yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti, "Jadi, coach bertahan dengan kita?"

Seketika para pemain Timnas Indonesia U-23 meneriakkan "Ya!". Mereka lalu berteriak, mengelu-elukan Shin Tae-yong, termasuk kapten Rizky Ridho yang berjoget dan 'ditowel' oleh STY.

6 dari 6 halaman

Apa Kata STY soal Kontrak?

PSSI memang berencana untuk menambah masa bakti Shin Tae-yong selama tiga tahun lagi asalkan arsitek asal Korea Selatan itu bisa memenuhi dua target pada tahun ini.

Pertama, timnas senior melaju ke 16 besar Piala Asia 2023 pada Januari-Februari 2024. Kedua, Timnas Indonesia U-23 melangkah ke delapan besar Piala Asia U-23.

Dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melenggang ke perempat final turnamen yang digelar di Qatar ini, kedua syarat itu telah dipenuhi oleh Shin Tae-yong dan PSSI mesti mengaktifkan klausul tersebut.

"Kami sedang memikirkannya dan itu adalah hal yang perlu saya dan PSSI mempertimbangkannya dengan matang," ujar Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer