Sukses


Derita Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024: Dipulangkan Pelatih Timnas Indonesia U-23 Asal Korsel dan Pemain Liga Korsel

Bola.com, Doha - Timnas Indonesia U-23 sukses memulangkan Korea Selatan U-23 dari Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. Duel perempat final tersebut berjalan super dramatis dan berujung senyum manis bagi Garuda Muda. 

Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 melalui adu penalti yang sangat panjang. Tim besutan Shin Tae-yong menang 11-10. Sebelumnya, hingga babak perpanjangan waktu, duel Timnas Indonesia U-23 kontra Korea Selatan berkesudahan 2-2. 

Hasil ini menjadi catatan bersejarah bagi Timnas Indonesia U-23. Untuk kali pertama dalam sejarah, Garuda Muda menapak semifinal Piala Asia U-23 2024. Kemenangan ini terasa dahsyat karena Timnas Indonesia U-23 berstatus debutan di ajang ini. 

Rizki Ridho dan kawan-kawan tinggal selangkah lagi merebut tiket ke Olimpiade 2024. Timnas Indonesia akan lolos ke Olimpiade jika menang di semifinal, atau berhasil merebut peringkat ketiga. 

Sebaliknya, hasil ini menjadi pukulan besar bagi Korea Selatan. Timnas sepak bola Korea Selatan untuk kali pertama gagal lolos ke Olimpiade sejak 1988. 

Derita Korea Selatan tak cukup sampai di situ. Apa lagi derita Korea Selatan saat disingkiran Timnas Indonesia U-23 dari Piala Asia U-23? 

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dipulangkan Shin Tae-yong, Pelatih Berkebangsaan Korsel

Fakta pahit pertama yang harus ditelan Korsel adalah kegagalan kali ini tak lepas dari peran pelatih asal Negeri Ginseng di kubu Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. 

Ya, pada laga kali ini, Shin Tae-yong diuji profesionalismenya karena harus menghadapi tim Tanah Kelahirannya. Apalagi, ia juga pernah menangani Timnas Korea di Piala Dunia 2018, serta timnas Korsel kelompok umur.

Ternyata, Shin Tae-yong membuktikan profesionalitasnya. Dia berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal, dengan cara mendepak tim tanah kelahirannya. 

Momen menarik terjadi usai pertandingan berakhir. Tampak respons cool Shin Tae-yong saat sukses memulangkan negara asalnya dari ajang Piala Asia U-23 2024. 

STY singkatan dari Shin Tae-yong hanya sedikit berteriak girang usai melihat penalti penentu Pratama Arhan masuk ke gawang Korsel U-23. 

Kemudian ia berpelukan dengan beberapa staf kepelatihan Timnas Indonesia U-23. Nah ketika hampir semua penggawa Timnas Indonesiia U-23 berlari masuk ke lapangan dengan girang, ia pilih berdiam diri saja. 

 

 

3 dari 5 halaman

Pemain Klub Korea Selatan Jadi Momok

Fakta pahit lain yang harus ditelan Korsel adalah pemain yang menjadi penentu kemenangan Indonesia adalah Pratama Arhan, yang bermain di klub Liga Korea (K-League), Suwon FC. 

Pratama Arhan resmi bergabung ke Suwon FC pada 16 Januari 2024. Suwon FC adalah klub profesional ketiga yang dibela Pratama Arhan. Pemain asal Blora, Jawa Tengah itu pernah membela PSIS Semarang dan Tokyo Verdy. 

Arhan benar-benar bermental baja pada adu penalti kontra Korea Selatan. Ia dua kali maju sebagai algojo dan semuanya berhasil. 

Penaltinya yang kedua tentu saja akan sulit dilupakan. Ia menjadi penentu keberhasilan Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. 

 

4 dari 5 halaman

Gol-gol

Pada pertandingan ini, Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu melalui Rafael Struick menit ke-15. Namun kemudian Komang Teguh membuat gol bunuh diri menit ke-45. 

Menit ke-45+3, anak asuh Shin Tae-yong kembali unggul viia gol Rafael Struick. Tapi Korsel kembali menyamakan kedudukan melalui Jeong Sang-bin menit ke-84. 

Adu penalti sendiri berjalan panjang dan Timnas Indonesia U-23 memastikan kemenangan dengan skor 11-10. 

5 dari 5 halaman

Satu Kaki Pijak Olimpiade 2024

Satu kaki Timnas Indonesia U-23 sudah menginjak Olimpiade Paris 2024. Ya, selangkah lagi, tim berjulukan Garuda Muda itu mendapatkan tiket ke Prancis.

Tiga tim terbaik Piala Asia U-23 2024 meliputi juara, runner-up, dan peringkat ketiga berhak lolos ke Olimpiade Paris pada 26 Juli-11 Agustus tahun ini.

Sementara, posisi keempat Piala Asia U-23 akan masuk play-off Olimpiade Paris melawan ranking keempat Piala Afrika U-23 2023, Timnas Guinea U-23, di Jepang pada 9 Mei 2024.

Timnas Indonesia U-23 baru saja memastikan lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Timnas Korea Selatan U-23 11-10 lewat drama adu penalti.

Video Populer

Foto Populer