Sukses


Mengukur Kekuatan Uzbekistan, Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal Piala Asia U-23 2024: Pernah Juara 6 Tahun Lalu

Bola.com, Kediri - Timnas Indonesia U-23 memastikan langkah ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Rizki Ridho dkk. meraih tiket ke babak empat besar setelah menggulingkan Korsel U-23 lewat adu penalti yang berkesudahan 11-10 setelah bermain imbang 2-2 di Stadion Abdullah Bin Khalifa Doha Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Timnas Indonesia U-23 sedang menunggu pemenang antara Arab Saudi dan Uzbekistan yang bentrokan di partai perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4/2024) malam. Siapa pun pemenangnya, tim asuhan Shin Tae-yong masih harus berjuang keras jika ingin tampil di partai puncak.

Pasalnya, Uzbekistan adalah kampiun pada Piala Asia U-23 2018, sedangkan Arab Saudi merupakan juara juara bertahan di 2022. Jika Uzbekistan mampu menjegal Arab Saudi, maka Indonesia tak bisa menghindar lagi.

Jika menilik penampilan Indonesia sejak fase penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024 hingga merontokkan Korsel, bukan mustahil Uzbekistan pun bisa dilangkahi Garuda Muda. Namun, seberapa tangguh kah kekuatan Uzbekistan? Yuk, kita simak ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Catatan Pertemuan Indonesia Vs Uzbekistan

Sebenarnya pertemuan Timnas Indonesia kontra Uzbekistan di berbagai kelompok umur terbilang jarang. Ini tidak lepas dari status negara Uzbekistan. Negara tersebut baru merdeka pada 31 Agustus 1991.

Sebelumnya, Uzbekistan menjadi bagian dari Uni Soviet. Meski masih berusia muda, Uzbekistan pernah sekali meraih medali emas di cabang sepak bola pada Asian Games 1994. Sebuah prestasi besar bagi sebuah negara yang baru tiga tahun merdeka.

Bentrokan di level senior, Timnas Indonesia pernah bersua Uzbekistan pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 1998 Zona Asia. Kala itu, Indonesia dan Uzbekistan masuk Grup 5. Selain Indonesia dan Uzbekistan, dua tim lainnya adalah Yaman dan Kamboja.

Ketika menjamu Uzbekistan di Surabaya, 1 Juni 1997, Indonesia harus puas bermain imbang 1-1. Gol Sudirman pada menit ke-34 bisa dibalas oleh Maksim Shatskikh menit ke-70. Kemudian saat bertandang ke Tashkent pada 20 Juni 1997, skuad Garuda dipermak telak 0-3.

Timnas Indonesia juga pernah menghadapi Uzbekistan pada turnamen PSSI Anniversary Cup 2018. Selain Indonesia selaku tuan rumah dan Uzbekistan, turnamen tersebut juga diikuti oleh Korea Utara dan Bahrain. Saat jumpa Uzbekistan, Timnas Indonesia yang diarsiteki Luis Milla bermain imbang tanpa gol.

Di level junior, pada ajang pesta olahraga multi cabang Asian Games di Hangzhou, China, 2022 lalu, Indonesia sempat bermain imbang dengan Uzbekistan 0-0 dalam penyisihan grup. Saat itu, Shin Tae-yong telah menjabat sebagai pelatih kepala bagi Indonesia.

Uzbekistan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C, sedangkan Indonesia melaju ke fase gugur sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Pertarungan skuad muda Indonesia dan Uzbekistan juga pernah terjadi pada Piala Asia U20 2023, Maret lalu. Kala itu, Uzbekistan menjadi tuan rumah.

Indonesia bersua Uzbekistan pada babak penyisihan Grup A. Dua tim lain di grup tersebut adalah Irak dan Suriah. Timnas U20 Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong kala itu bertemu Uzbekistan pada partai pamungkas Grup A.

Hasilnya, Ronaldo Kwateh dkk mampu menahan Uzbekistan dengan skor 0-0. Namun, hasil imbang kontra Uzbekistan itu tak cukup untuk membantu Indonesia lolos ke fase gugur.

Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup A dengan nilai empat, kalah selisih gol dari Irak yang finis di peringkat kedua. Sementara itu, Uzbekistan bertengger di posisi puncak dengan nilai tujuh.

3 dari 3 halaman

Sempurna di Piala Asia U-23 2024

Pada Piala Asia U-23 2024, Uzbekistan tampil sempurna dengan meraih tiga kemenangan. Mereka keluar sebagai juara Grup D dengan poin sembilan dengan tanpa kebobolan sama sekali.

Tiga kemenangan Uzbekistan dengan selisih dua gol lebih. Malaysia jadi korban pertama setelah ditekuk 0-2.

Berikutnya Kuwait jadi bulan-bulanan usai digelontor 5 gol tanpa balas. Uzbekistan menutup laga penyisihan grup dengan menggebuk tim kuat dari Asia Tenggara, Vietnam 3-0.

Jika Indonesia mampu menaklukkan Uzbekistan maka tiket tampil di Olimpiade Paris 2024 dalam genggaman. Indonesia harus menunjukkan kekuatan sepakbola Asia Tenggara, setelah dua negara kolega yakni Malaysia dan Vietnam dihajar Uzbekistan.

Video Populer

Foto Populer