Sukses


Tampil di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 Diminta Lupakan Euforia setelah Tendang Korea Selatan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Korea Selatan U-23 lewat adu penalti dengan skor 11-10 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit, pada perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Berkat hasil tersebut, Tim Garuda Muda melenggang ke semifinal Piala Asia U-23 tahun ini. Pada babak empat besar yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, 29 April mendatang, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi pemenang antara Uzbekistan atau Arab Saudi.

Pasukan Shin Tae-yong unggul dua gol terlebih dulu atas Korea Selatan di waktu normal melalui brace Rafael Struick. Namun Taegeuk Warriors muda mengejar lewat gol bunuh diri Komang Teguh dan sontekan Jeong Sang Bin.

11 penembak milik Timnas Indonesia U-23 sukses mengeksekusi dengan baik dalam adu penalti. Berbanding 10 pemain Korea Selatan yang menjalankan tugasnya dengan baik.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Layak Diapresiasi

Pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo menuturkan bahwa keberhasilan Marselino Ferdinan dkk. layak diapresiasi. Menjadi pencapaian yang sangat membanggakan kini berada di empat besar tim terbaik antarnegara Asia untuk level U-23.

"Ini suatu keberhasilan yang luar biasa, yang ditunggu masyarakat Indonesia. Sejak awal saya sudah yakin Timnas Indonesia U-23 bisa banyak bicara, karena skuadnya sudah digembleng di kompetisi senior. Sementara persaingan di turnamen adalah melawan tim-tim muda," terangnya kepada Bola.com, Jumat (26/4/2024).

3 dari 4 halaman

Naturalisasi Sukses

Pria yang pernah menjabat pelatih Persik Kediri itu juga mengakui keberhasilan PSSI dan Timnas Indonesia dalam menggunakan jasa pemain naturalisasi keturunan. Kemampuan Justin Hubner, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, dan Rafael Struick memang ada di atas rata-rata.

"Nathan dan Struick khususnya harus saya acungi jempol, kedua pemain ini bisa mengangkat mental dan permainan tim. Begitu juga Ivar Jenner, Justin Hubner, dan pemain-pemain yang sudah tampil habis-habisan semalam," lanjut Aris Budi.

4 dari 4 halaman

Tatap Semifinal

Timnas Indonesia U-23 selanjutnya akan bermain di semifinal pada Senin (29/4/2024) malam WIB. Untuk lawannya adalah pemenang antara Arab Saudi atau Uzbekistan yang sedang bertanding saat berita ini ditayangkan.

"PR-nya kini harus bisa memberi masukan pemain-pemain lokal yang masih sering melakukan kesalahan di daerah pertahanan atau daerah 16. Bisa mencontoh pemain naturalisasi yang sabar, tenang dalam menguasai wilayahnya," bebernya menambahkan.

"Sudah masuk semifinal, lupakan hasil melawan Korsel kemarin. Biarkan hasil kemarin menjadi pemacu semangat dan jangan sampai terbuai dengan kemenangan," tegasnya menutup pembicaraan.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer