Sukses


Ngeri! Uzbekistan U-23 Punya 4 Pemain di Eropa Termasuk Abdukodir Khusanov, Bek Lens yang Lawan Arsenal dan Sevilla di Liga Champions

Bola.com, Doha - Timnas Uzbekistan U-23 tenar sebagai kesebelasan jagoan di level U-23. Tim berjulukan White Wolves itu adalah juara Piala Asia U-23 2018 di China.

Ketika menjadi tuan rumah Piala Asia U-23 2022, Timnas Uzbekistan U-23 keluar sebagai runner-up setelah kalah 0-2 dari Timnas Arab Saudi U-23 di babak final.

Namun, Uzbekistan U-23 berhasil membalaskan dendamnya kepada Arab Saudi U-23 ketika menang 2-0 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024 Qatar di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, pada Jumat (26/4/2024) malam WIB.

Lolos ke semifinal Piala Asia U-23, Timnas Uzbekistan U-23 akan ditantang oleh sang pembikin sensasi, Timnas Indonesia U-23, di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bek Liga Prancis

Di Piala Asia U-23, Uzbekistan U-23 dipimpin oleh Timur Kapadze, pelatih berusia 42 tahun yang telah menjabat sejak 2021 dan juga merangkap menjadi nakhoda Uzbekistan U-20.

Timur Kapadze memanggil empat pemain yang berkarier di Eropa ke Uzbekistan U-23 untuk Piala Asia U-23, termasuk Abdukodir Khusanov yang bermain di klub Prancis, RC Lens.

Tiga nama lainnya ialah Ibrokhimkhalil Yuldoshev di Kairat, Kazakhstan, Abbosbek Fayzullaev di CSKA Moskow, Rusia, dan Umarali Rakhmonaliev di Rubin Kazan, Rusia.

3 dari 6 halaman

Daftar 200 Youngster Menjanjikan 2023

Abdukodir Khusanov menjadi pemain Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 yang kariernya paling mencolok. Bek berusia 20 tahun itu bergabung dengan Lens pada awal musim ini.

Ditebus murah Lens senulai 100 ribu euro atau setara dengan Rp1,7 miliar dari klub Belarusia, Energetik-BGU Minsk, Abdukodir Khusanov menjelma sebagai pemain Uzbekistan pertama yang bermain di Ligue 1 atau kasta teratas Liga Prancis.

Abdukodir Khusanov memang pemain bertalenta. Posturnya mencapai 186 cm. Palang pintu kelahiran Tashkent, Uzbekistan, ini masuk dalam daftar 200 pemuda menjanjikan versi Football Observatory pada April 2023.

4 dari 6 halaman

Bersanding dengan Jude Bellingham

Dia bersanding dengan duo masa depan Real Madrid, Jude Bellingham dan Endrick, Pablo Gavi dan Alejandro Balde dari Barcelina, Benjamin Sesko dari RB Salzburg, hingga Alejandro Garnacho dari Manchester United (MU).

Bersama Lens di berbagai kejuaraan musim ini, Abdukodir Khusanov telah beraksi sembilan kali di Ligue 1, dua kali di Liga Champions, dan dua kali di Europa League.

Dua penampilannya di Liga Champions terjadi dalam Grup B ketika Lens dibantai Arsenal dengan enam gol tanpa balas pada 29 November 2013 dan menang 2-1 atas Sevilla pada 12 Desember 2023.

5 dari 6 halaman

Jadi Pengganti

Abdukodir Khusanov bermain sebagai pengganti selama 28 menit sewaktu Lens keok dari Arsenal dan semenit tatkala menghantam Sevilla.

Namun, laju Lens terhenti di penyisihan grup Liga Champions. Tetapi, Abdukodir Khusanov dkk. masih bisa menempati peringkat ketiga Grup B sehingga turun ke Play-off Europa League.

6 dari 6 halaman

Sempat Absen dalam 2 Laga

Di Europa League, Abdukodir Khusanov bermain satu menit ketika Lens mengimbangi SC Freiburg 0-0 dalam pertemuan pertama dan bertanding 120 menit saat kalah 2-3 pada leg kedua yang berujung terleminasi.

Sementara di Piala Asia U-23, Abdukodir Khusanov melewatkan dua partai awal Uzbekistan U-23, namun menjadi starter dan tidak tergantikan dalam dua penampilan White Wolves belakangan.

Video Populer

Foto Populer