Sukses


Kisah Dokter Choi Ju-young yang Seharusnya Sudah Tinggalkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23: Dibujuk Shin Tae-yong dan Erick Thohir

Bola.com, Doha - Belakangan, perawakan berambut tebal dan agak gondrong plus berkacamata seringkali terlihat ketika terdapat pemain Timnas Indonesia U-23 yang cedera atau membutuhkan penanganan di atas lapangan di Piala Asia U-23 2024.

Ya, sosok itu adalah Choi Ju-young, dokter asal Korea Selatan yang menjadi fisioterapi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

Choi Ju-young baru menjadi fisioterapi PSSI pada Desember 2023. Dia diminta khusus oleh pelatih timnas senior dan Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Choi juga sudah bertugas di Piala Asia 2023 pada Januari-Februari 2024.

Choi Ju-young sebenarnya juga menjabat sebagai Direktur Korea Medicine Sports Center di Korea Selatan. Dia mempunyai banyak pasien yang harus ditanganinya di tengah-tengah pekerjaannya bersama Timnas Indonesia U-23 Piala Asia U-23.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ditahan Shin Tae-yong

Pria berusia 71 tahun itu sebenarnya telah berencana untuk meninggalkan Timnas Indonesia U-23 pasca-penyisihan grup Piala Asia U-23, tetapi ditahan oleh Shin Tae-yong dan Ketua PSSI, Erick Thohir.

"Saya bekerja sebagai Direktur di Pusat Pengobatan Olahraga Eun Seung-pyo di Korea Selatan. Jadi, banyak hal yang dipertaruhkan," ujar Choi Ju-young dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, Best Eleven.

"Apalagi, sudah ada banyak pasien dan atlet yang reservasi. Bahkan atlet ski yang sedang siap-siap meninggalkan Korea Selatan juga sudah menunggu di sana," tutur Choi Ju-young.

3 dari 4 halaman

Cerita Choi Ju-young

"Jadi, awalnya, saya hanya berencana untuk di penyisihan grup Piala Asia U-23 saja. Namun, setelah Timnas Indonesia U-23 mencapai delapan besar, Pelatih Shin Tae-yong meminta saya untuk tetap tinggal," ucap Choi Ju-young.

"Bahkan Erick Thohir menghubungi saya langsung untuk meminta saya tinggal lebih lama," ungkap Choi Ju-young.

"Setelah berpikir panjang, saya memutuskan untuk menghubungi Korea Medicine Sports Center. Setidaknya, saya akan tetap bersama Timnas Indonesia U-23 sampai turnamen berakhir," terang Choi Ju-young.

4 dari 4 halaman

Dokter Olahraga Legendaris

Choi Ju-young adalah dokter olahraga legendaris di Korea Selatan. Dia pernah menjadi dokter untuk timnas negaranya pada 1994-2012 sebelum bergabung dengan Park Hang-seo di Timnas Vietnam pada 2019-2021.

Setelah Park Hang-seo meninggalkan Vietnam, Choi Ju-young merapat menjadi tim Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dan timnas senior.

"Jadi, saya bertekad untuk bekerja keras dan meraih kemenangan bersama-sama," paparnya.

Sumber: Best Eleven

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer