Sukses


Posisi Arema FC Belum Aman, Ancaman Degradasi Membayangi hingga Pekan Pamungkas BRI Liga 1

Bola.com, Malang - Setelah pekan ke-33 BRI Liga 1 rampung, Arema FC berada di posisi ke-13 dalam klasemen sementara dengan 37 poin. Singo Edan hanya berjarak dua poin dari RANS Nusantara FC yang kini ada di posisi ke-16 atau slot degradasi.

Artinya, Arema FC besutan Widodo C Putro harus memenangi laga pekan pamungkas untuk memastikan diri bertahan di Liga 1 musim depan.

Itu bukan pekerjaan yang mudah, karena lawan yang harus dihadapi Arema FC pada pertandingan terakhir adalah Madura United pada Selasa (30/4/2024).

Madura United juga butuh kemenangan untuk memastikan tiket championship series. Andai kalah, tiket bisa menjadi milik PSIS Semarang. Arema FC dan Madura United sama-sama membidik kemenangan untuk kepentingan masing-masing.

Bicara di atas kertas, Madura United tentu lebih diunggulkan. Selain unggul materi pemain, Madura United juga bermain di kandang sendiri, Gelora Bangkalan. Dalam enam laga beruntun, Laskar Sape Kerrap juga belum tersentuh kekalahan.

Sementara Arema FC baru meraih kemenangan dalam dua laga beruntun. Sebelumnya, Singo Edan mencatat hattrick kekalahan. Artinya performa Arema FC masih belum konsisten.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tuntaskan dengan Kemenangan

Dalam laga terakhir, Widodo C Putro berharap anak asuhnya mengerahkan semua kemampuan di laga terakhir. Ini menjadi penentu masa depan pemain dan klub.

"Kami masih ada satu pertandingan lagi. Kami harus menuntaskannya," jelas Widodo.

Saat ini Arema FC menjalani persiapan di Malang. Mereka baru berangkat ke Madura sehari jelang pertandingan. Jarak dari Malang tidak terlalu jauh.

"Kami sudah istirahat sehari. Kemudian persiapan dua kali di Malang. Setelah itu berangkat ke Madura untuk official training," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Tak Ingin Bergantung Klub Lain

 

Sebenarnya, jika Arema FC menelan kekalahan masih ada kesempatan lolos dari degradasi. Dengan catatan, tiga klub di bawahnya tidak meraih kemenangan, seperti RANS Nusantara FC, PSS Sleman dan Persita Tangerang.

Namun, jika ketiga klub itu menang, Arema FC akan turun kasta jika menelan kekalahan.

“Kami harus mengupayakan kemenangan, sehingga tidak bergantung kepada hasil klub lain,” tegas mantan pelatih Deltras Sidoarjo ini.

Jika dibandingkan tiga klub lain, bisa dibilang Arema FC menghadapi laga paling sulit, karena lawan yang dihadapi masih punya ambisi mengamankan posisi.

Berbeda dengan Persita, PSS dan RANS menghadapi tim yang punya posisi aman. Seperti Bali United dan Persib Bandung yang sudah memastikan diri ke championship series. Sedangkan PSM yang jadi lawan RANS juga ada di papan tengah.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer