Sukses


Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23, Anak Kemarin Sore yang Dikepung Para Suhu

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 dikepung para dedengkot di babak empat besar Piala Asia U-23 2024.

Sebagai debutan, Garuda Muda berhasil menembus semifinal setelah mendepak Korea Selatan lewat adu penalti dengan skor 11-10 (2-2). Sementara, tiga kontestan 4 besar lainnya merupakan suhu di turnamen ini.

Uzbekistan, yang akan menjadi lawan Indonesia di semifinal, sudah tiga edisi selalu lolos ke semifinal. Uzbekistan meraih gelar juara pada edisi 2018, lalu di peringkat keempat pada episode berikutnya, dan finalis pada 2022.

Jepang U-23 juga sudah meraih gelar, yakni pada edisi 2016. Sejak ikut serta pada 2013, Jepang hanya sekali tak lolos ke babak gugur, yakni pada tahun 2020. Sementara pada edisi 2022, mereka di posisi ketiga.

Irak merupakan juara pada edisi pertama turnamen ini digelar pada 2013. Sama seperti Jepang, Irak hanya sekali tak lolos ke fase knock-out yakni pada 2020.

Timnas Indonesia U-23 menjadi tim yang paling minim pengalaman di ajang ini. Namun, pasukan Shin Tae-yong mampu menunjukkan kualitas mereka.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Takut

Timnas Indonesia U-23 memiliki modal apik untuk meladeni Uzbekistan. Rafael Struick dkk. mengalahkan tim-tim yang punya tradisi bagus di sepak bola Asia, yakni Australia 1-0, Yordania 4-1, dan Korea Selatan 11-10 (2-2).

Pelatih Shin Tae-yong pun menolak takut. Shin Tae-yong optimistis timnya bisa menebus partai final Piala Asia U-23 2024. Dia meyakinkan para pemainnya untuk memiliki motivasi memenangkan laga semifinal.

“Saya bilang kepada pemain bahwa kami bisa melaju ke final. Saya bilang bahwa saya percaya mereka. Mereka termotivasi dan bermain bagus. Saya pikir itulah yang membuat kami bisa berangkat ke Olimpiade,” ucap Shin Tae-yong dalam sebuah wawancara bersama media Korea Selatan, MBC.

3 dari 4 halaman

Tanggung, Final!

Ketua PSSI, Erick Thohir, menyebut ini adalah momentum Garuda Muda untuk terbang lebih tinggi. Meski target perempat final telah tercapai, ada kans bagi mereka untuk lebih jauh lagi.

"Di olahraga, ada yang namanya momentum. Saya melihat, sejak penyisihan grup, lalu di perempat final, momentum itu milik kita. Kini Timnas Indonesia U-23 bisa melangkah ke semifinal, sangat logis jika target berikutnya final," ungkap Erick Thohir.

"Yang pasti, kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh rakyat dan pecinta sepak bola nasional. Saatnya meraih mimpi lebih tinggi," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Semifinal

Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23

  • Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha
  • Senin, 29 April 2024
  • Kick-off: 21.00 WIB
  • Live: RCTI
  • Streaming: Vision +

Jepang U-23 vs Irak U-23

  • Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan
  • Selasa, 30 April 2024
  • Kick-off: 00.30 WIB
  • Live: RCTI
  • Streaming: Vision+

Video Populer

Foto Populer