Sukses


Abbosbek Fayzullaev, Bintang Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 yang Bersinar bersama CSKA Moskow dan Bikin Bayern Munchen Klepek-Klepek

Bola.com, Doha - Abbosbek Fayzullaev masih berusia 20 tahun. Namun, ia telah bermain 26 kali bersama klub tersukses kedua di Rusia, CSKA Moskow, pada musim ini dengan mencetak empat gol dan 11 assist.

Abbosbek Fayzullaev adalah bagian dari Timnas Uzbekistan U-23, yang menjadi lawan Timnas Indonesia U-23 pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Pemain berpostur 170 cm itu baru bergabung dengan CSKA Moskow dari klub Uzbekistan, Pakhtakor, pada musim panas 2023 dengan mahar 500 ribu euro atau setara dengan Rp8,6 miliar untuk kontrak selama tiga tahun.

Nama Abbosbek Fayzullaev mulai melejit di level internasional ketika membawa Timnas Uzbekistan U-20 menjuarai Piala Asia U-20 2023. Dia juga dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP). Masih pada tahun yang sama, Fayzullaev terpilih sebagai pesepak bola terbaik Uzbekistan.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Memancing Ketertarikan Bayern Munchen

Namun, pada penyisihan grup Piala Asia U-20 2023, Abbosbek Fayzullaev yang berlaga sebagai starter gagal membawa Uzbekistan U-20 menang atas Timnas Indonesia U-20 karena dipaksa bermain imbang 0-0.

Abbosbek juga sudah debut dengan Timnas Uzbekistan di level senior sejak Juni 2023, dan turut berkancah di Piala Asia 2023 Qatar pada Januari-Februari 2024 dengan tampil empat kali plus mencetak dua gol.

Pada Februari 2024, media Uzbekistan, Kun, mengklaim Abbosbek Fayzullaev telah memancing ketertarikan dari Bayern Munchen berkat performanya bersama Uzbekistan.

3 dari 4 halaman

Nilai Pasar Meroket 10 Kali Lipat

"Agen sepak bola asal Rusia, Anton Smirnov, melaporkan di saluran Telegramnya bahwa Bayern Munchen telah memerhatikan Fayzullaev," tulis Kun.

"Fayzullaev telah masuk radar klub Jerman tersebut sejak menunjukkan bakatnya dalam beberapa pertandingan terakhir bersama Uzbekistan," katanya.

Belum juga semusim memperkuat CSKA Moskow, nilai pasar memperhatikan Fayzullaev telah melonjak 10 kali lipat menjadi 5 juta euro (Rp86 miliar) berdasarkan Transfermarkt.

4 dari 4 halaman

Teror untuk Sisi Kanan Timnas Indonesia U-23

Sementara itu, di Piala Asia U-23, Abbosbek Fayzullaev baru bermain dalam dua pertandingan terakhir Uzbekistan U-23 dan absen dalam dua partai awal karena masih dibutuhkan CSKA Moskow.

Terakhir, ketika Uzbekistan U-23 menyingkirkan juara bertahan Piala Asia U-23, Timnas Arab Saudi U-23, dengan skor 2-0 pada perempat final Piala Asia U-23, Abbosbek Fayzullaev berperan sebagai winger kiri.

Wingback kanan Timnas Indonesia U-23 yang kemungkinan akan diisi oleh Rio Fahmi atau Fajar Fathur Rahman, perlu lebih waspada dan disiplin karena bakal head to head dengan Abbosbek Fayzullaev.

Sumber: Transfermarkt, Kun

Video Populer

Foto Populer